Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Perjanjian Kerja Bahasa Indonesia & Inggris

Contoh Surat Perjanjian Kerja

Belajar membuat surat perjanjian dapat lewat melihat contoh – contohnya. Memahami contoh surat perjanjian kerja memang cara yang paling cepat untuk bantu memahami cara membuatnya. Namun, hanya tahu contoh saja tidak akan membuat Anda lebih paham. Karena itu, mari bahas lebih lengkapnya pada artikel berikut!

Apa Itu Surat Perjanjian Kerja?

Pertama – tama, mari pahami dulu apa itu surat perjanjian kerja. Surat ini mengandung beberapa aspek seperti surat perjanjian pada umumnya. Bedanya, hanya pada topik pengikat kontrak perjanjian. Biasanya hal ini mengikat individu pada perusahaan atau pemilik usaha.

Pada contoh surat perjanjian kerja kontrak yang banyak digunakan, Anda akan melihat aspek seperti hak dan kewajiban pekerja, jadwal kerja, benefit yang dapat dinikmati selama kerja dan aturan yang tidak boleh dilanggar. Aspek ini dapat berbentuk pasal pada surat perjanjian ataupun berupa lampiran bagian dari dokumen kontrak.

Isi dan Struktur Surat Perjanjian Kerja

Anda bisa search contoh surat perjanjian kerja antara majikan dan pekerja untuk gambaran struktur dan isi surat tersebut. Hal yang menarik diperhatikan, Anda akan temukan kesamaan dalam banyak contoh tersebut. Berikut adalah aspek yang sama antara isi dan struktur dari kebanyakan surat perjanjian kerja:
  • Cantuman Identitas perusahaan, jenis usaha dan alamat perusahaan sebagai bagian kepala.
  • Identitas pihak penawar kerja. Biasanya terdiri dari nama dan jabatan yang dipegang pada perusahaan.
  • Identitas pihak calon pekerja. Biasanya melibatkan nama, alamat, tanggal lahir dan kontak seperti nomor HP dan email.
  • Penjelasan jenis dan jabatan pekerjaan yang bersangkutan.
  • Alamat dan penjelasan tempat kerja.
  • Penjelasan hak dan kewajiban dari pekerja. Biasanya meliputi upah, hak tanggungan, beban kerja, aturan – aturan yang perlu dipatuhi atau bahkan benefit karyawan seperti asuransi.
  • Informasi waktu dan jadwal bekerja.
  • Keterangan lokasi dan waktu pembuatan perjanjian.
  • Penjelasan tambahan seputar hal – hal yang tidak dapat digolongkan. Hal ini bisa berupa persyaratan khusus tidak boleh berpacaran dengan rekan kerja ataupun benefit khusus seperti bonus selama memenuhi hal tertentu.
  • Tanda tangan sebagai tanda mengikat dan juga tanda materai sebagai pengikat dokumen hukum.

Syarat Surat Perjanjian Kerja Sah Legalitasnya

Memiliki aspek struktur di atas tidak akan membuat surat perjanjian sah. Untuk dapat diakui dan legal, ada 4 syarat yang harus Anda ketahui berikut ini:
  • Perjanjian harus mendapat kesepakatan dari kedua belah pihak.
  • Kemampuan kedua belah pihak untuk melakukan tindakan hukum yang berhubungan dengan kontrak perjanjian kerja ini.
  • Surat harus menjanjikan pekerjaan dan dapat memenuhinya.
  • Pasa kontrak dan isi surat perjanjian harus dipandang legal menurut aturan yang berlaku di Indonesia.
Syarat di atas tidak semata – mata dapat dilihat jika hanya melihat contoh surat perjanjian saja. Anda bisa coba cek sendiri contoh surat perjanjian kerja borongan sederhana yang ada di internet. Pasti aspek syarat di atas tidak akan terlihat. Hal ini karena perjanjian yang baik dan benar harus disertai komunikasi dan kejelasan antara kedua belah pihak. Surat hanya sebagai simbolis dan bukti hukum keterikatan kontrak saja.

Jenis – Jenis Surat Perjanjian Kerja

Jenis surat perjanjian untuk pekerjaan juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Mari lihat berbagai jenis surat perjanjian ini untuk memastikan Anda tahu beda masing – masing diantaranya berikut ini:

Untuk Freelance

Jenis surat kerja yang pertama ditujukan untuk freelancer dan pekerja honorer. Surat perjanjian kerja ini memiliki keunikan di dalamnya karena membahas hubungan yang singkat dan tidak mengikat dengan perusahaan.

Para pekerja freelance dan honorer lebih fokus pada aspek pembayaran dan hal pemenuhan pekerjaan. Jika Anda lihat contoh surat perjanjian kontrak kerja tenaga honorer, pasal – pasal seputar dua hal ini pasti lebih panjang dibahas dalam isi suratnya.

Untuk Paruh Waktu

Pekerjaan yang paruh waktu menggunakan aturan berbeda pada keterikatan jam dan jadwal kerja. Paruh waktu lebih menekankan fleksibilitas jam kerja pada isi kontraknya. Anda bisa melihat info upah yang terikat dengan jam kerja tersebut. Jadi tidak aneh jika surat perjanjian kerja paruh waktu akan fokus pada jam kerja yang harus dipenuhi calon pekerja yang terikat kontrak tersebut.

Untuk Pekerja Kontrak

Pekerja kontrak memiliki keunikan batasan waktu kerja berdasarkan kontrak. Anda bisa cek contoh surat perjanjian kerja masa percobaan 3 bulan. Contoh ini adalah bentuk ikatan kontrak sementara. Para pemilik bisnis dapat memperpanjang kontrak ini lebih lanjut setelah 3 bulan percobaan untuk menjadi kontrak tetap atau perpanjang pekerjaan lebih jauh misalnya satu tahun.

Isi surat perjanjian ini biasanya lebih detail antara hak dan kewajiban serta keterikatan kerja yang terbatas pada durasi yang ditentukan. Jadi Anda tidak akan disamakan dengan pekerja tetap jika menggunakan kontrak kerja tipe ini.

Untuk Pekerja Tetap

Jenis keterikatan kontrak kerja ini adalah yang paling umum. Jika ingin pelajari bentuk basic surat perjanjian kerja, pastikan pelajari banyak contoh surat perjanjian kerja karyawan tetap. Aspek surat perjanjian ini lebih melihat antara hak dan kewajiban serta bagaimana pekerja dapat menjalin relasi dengan perusahaan. Hak dan kewajiban ini biasanya jauh lebih detail karena berupa relasi jangka panjang.

Belajar Membuat Surat Perjanjian Kerja Dari Contoh – Contoh Berikut Ini

Mari Pelajari Contoh Surat Perjanjian Kerja dan Serba Serbi Seputarnya

Jika ingin belajar membuat surat perjanjian kerja, memahami hal – hal di atas tentu tidak cukup. Anda akan lebih jelas lebih paham setelah melihat contoh surat perjanjian kerja. Dari contoh, Anda akan lihat penggunaan format dan bahasa yang dipakai.

Pada contoh kali ini, Anda akan melihat 2 buah surat kontrak dengan 2 bahasan berbeda. Kedua bahasa ini membuat format yang digunakan sangat berbeda jauh. Berikut adalah perbandingan contoh 1 yang merupakan format bahasa Indonesia, dan contoh 2 yang menggunakan format bahasa Inggris!

Contoh 1

Untuk lebih jelas memahami dan mudah membuat surat perjanjian tentang pekerjaan, berikut adalah contoh surat perjanjian kerja dengan format yang sudah umum digunakan di dunia bisnis sekarang ini:

PT JAYA MAHARAJA
Jalan Anugerah Santosan Blok 3A Nomor 121
Potroyudan, Jepara 59412
Kontak telpon 0291-343536

SURAT PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU (PKWT)
NOMOR: 092/HDR/PKWT/VIII/2020
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah:
Nama: Mahadma Shafi
Jabatan: CEO
Instansi: PT JAYA MAHARAJA
Berlaku dan disebut sebagai PIHAK PERTAMA pada perjanjian ini memiliki wewenang atas nama PT JAYA MAHARAJA.

Nama: Laila Sriwodjo
NIK: 9000123456789
Tempat Tanggal Lahir: Magelang, 20 Juni 1999
Alamat: Jalan Fahmawati 3, Nomor 4, RT 2 RT1, Jepara.
Kontak HP: 085661662663
Kontak Email: Laila_SRI@gmail.com
Berlaku dan disebut PIHAK KEPDUA pada perjanjian ini atas nama pribadi.

Pada hari ini yang tertanggal Satu, bulan Sembilan, tahun Dua Ribu Dua Puluh (01/09/2020). Kedua belah pihak akan secara sadar mengadakan perjanjian kontrak kerja dengan ketentuan isi berikut:

Pasal 1
KETENTUAN UMUM YANG BERLAKU

Ditandatanganinya Perjanjian Kerja ini menunjukkan PIHAK KEDUA telah mengetahui dan bersedia patuh terhadap Peraturan Perusahaan yang ditentukan oleh PIHAK PERTAMA. Peraturan yang berlaku tersebut sudah sejalan dengan Undang Undang Ketenaga Kerjaan.

Pasal 2
STATUS SEBAGAI KARYAWAN

PIHAK PERTAMA memberikan pekerjaan kepada PIHAK KEDUA. Sebaliknya, PIHAK KEDUA mengakui menerima pekerjaan dari PIHAK PERTAMA.

Dalam perjanjian yang berlaku, PIHAK KEDUA akan melaksanakan pekerjaan sebagai Social Media Admin di lokasi yang sudah ditentukan yaitu Jalan Anugerah Santosan Blok 3A Nomor 121, Potroyudan, Jepara 59412.

Pekerjaan yang disebutkan pada Pasal 2 ini memiliki durasi mengikat selama 1 tahun, terhitung mulai dari tanggal Tiga, bulan Sembilan, tahun Dua Ribu Dua Puluh (03/09/2020).

Setelah durasi kontrak berakhir, hubungan kerja akan putuh. Berdasarkan hal ini, PIHAK PERTAMA tidak berkewajiban memberikan pesangon, uang jasa ataupun tunjangan ganti apapun pada PIHAK KEDUA. Apabila diperlukan, kontrak dapat diperpanjang setelah ada pembaharuan perjanjian.

Selama masa kontrak berlaku, PIHAK KEDUA berhak mengundurkan diri dengan syarat memberikan pemberitahuan 6 bulan sebelum waktu pelepasan status kerja kontrak

Selama masa kontrak berlaku, PIHAK PERTAMA berhak memberhentikan PIHAK KEDUA secara sepihak dengan alasan yang logis dan masuk akal. Pemberhentian kerja harus berdasarkan persetujuan komite kerja dan aturan pemecatan perusahaan yang berlaku.

Pasal 3
HAK DAN KEWAJIBAN

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA masing – masing memiliki hak dan kewajiban tersendiri. Diharapkan hubungan kerja antara kedua belah pihak harmonis dan tercipta hubungan kerja sama yang baik berkat penegakan hak dan kewajiban ini.

PIHAK KEDUA berhak atas:
  • Penerimaan gaji dari PIHAK PERTAMA sebagaimana diatur menurut ketentuan perjanjian kerja yang dilampirkan pada perjanjian ini.
  • Mendapatkan jaminan social tenaga kerja dan kesehatan dari PIHAK PERTAMA setelah melewati masa percobaan selama 3 bulan.
PIHAK KEDUA berkewajiban atas:
  • Mengikuti segala peraturan yang diberikan pada perusahaan dan PIHAK PERTAMA.
  • Memenuhi dan melaksanakan tugas sesuai yang diminta pada uraian pekerjaan yang ada pada lampiran surat perjanjian ini.
  • Mampu merahasiakan semua informasi mengenai PIHAK PERTAMA yang diterima atau diketahui olehnya. Hal ini lebih ditujukan pada rahasia perusahaan.
  • Menyerahkan semua informasi mengenai PIHAK PERTAMA yang diterima atau diketahui olehnya pada saat diminta pemegang jabatan lebih tinggi atau pihak audit. Hal ini berkenaan dengan data dalam bentuk dokumen, email, file software, USB, CD dan berbagai media lainnya. Kewajiban ini hanya berlaku saat ada inspeksi dan pemeriksaan khusus.
Pasal 4
SANKSI DAN HUKUMAN

Apabila PIHAK KEDUA tidak memenuhi kewajiban yang ditentukan di atas, maka PIHAK PERTAMA berwenang memberikan teguran, peringatan dan bahkan sanksi hukuman pada PIHAK KEDUA. Masalah sanksi dan hukuman dapat berupa peringatan lisan, peringatan tertulis, pemotongan upah dan bahkan pemutusan kontrak kerja tanpa adanya ganti rugi apapun.

PASAL 5
TEMPAT DAN WAKTU KERJA

Saat bekerja, PIHAK KEDUA harus memenuhi jam kerja sebagai berikut:
  • Senin sampai dengan Jumat.
  • Jam kerja mulai dari 09.00 sampai dengan 17.30
  • Istirahat diberikan pada pukul 12.00 hingga 13.00
Pasal 6
HAL LAINNYA

Segala sesuatu yang belum tercantum pada Perjanjian ini akan diatur kembali dan didiskusikan lebih lanjut. Segala perubahan terhadap sebagian atau seluruh pasal dalam surat Perjanjian Kerja ini hanya dapat dilakukan bila kedua belah pihak mencapai sebuah persetujuan.

Perjanjian ini dibuat bermeterai cukup dan dipandang memiliki kekuatan hukum yang mengikat.

Demikian SURAT PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU (PKWT) dibuat oleh kedua belah pihak dalam keadaan sehat jasmani dan rohani tanpa ada adanya unsur paksaan dari pihak manapun juga.

Tempat Tanda Tangan PIHAK PERTAMA Tempat Tanda Tangan PIHAK KEDUA

Nama PIHAK PERTAMA Nama PIHAK KEDUA

Contoh 2

Pada contoh pertama, Anda sudah melihat surat perjanjian dalam bahasa Indonesia. Sekarang waktunya melihat contoh surat perjanjian kontrak kerja dalam bahasa Inggris. Walaupun memiliki inti sama yaitu menunjukkan aturan, hak dan kewajiban serta ketentuan tertentu pada tempat kerja, format penulisan surat kerja bahasa Inggris jauh berbeda.

Bedanya yang paling jelas adalah pemisahan informasi “Terms and Condition” yang tidak ditulis sebagai pasal – pasal. Hal ini dipisah menjadi dokumen berbeda yang dilampirkan dalam surat perjanjian kontrak. Hal ini ditujukan agar tampilan surat lebih pendek dan berupa satu lembar.

Untuk mempelajari lebih lanjut, berikut adalah contoh surat kontrak kerja berbahasa Inggris tersebut:

April 19, 2021
JOKO PRANOTO
PT CryoSphere
Beta Street
Surabaya, East Java

Dear Mrs. Alrien Afandi
I am pleased to confirm our offer of employment to you for the full-time position of Social Media Admin in PT CryoSphere. As discussed, this offer is conditional upon the completion of a review of your past work on PT Synch Pass.

The detail of our offer is attached as a file named Terms and Conditions following this document. The Terms and Conditions describe the schedule, work time, time off and worker's rule as our new Social Media Admin.

Please take the time to read and study our offer. This document, along with the file about enclosed schedules, outlines the bligations of both party with respect to your employment condition are governed by Indonesian Laws.

Accepting employment will be conditional upon agreeing to and signing this document and some terms and conditions files along with it. Please read each file carefully before sign it in. Return this file to me upon your earliest convenience, but prior to your first day of employment. Make sure to sign up the necessary material.

Mrs. Alrien Afandi, we are pleased to work with you and wish you a successful and rewarding career with PT CryoSphere.

Sincerely,


JOKO PRANOTO
Head of HR

I, Mrs. Alrien Afandi, acknowledge that I have read, understood and accept this work offer with the terms and condition as the document entail. I agree to be bound by the terms and conditions of employment and sign this document as a statement of agreement.
___________________________________________ _______________________

Mrs. Alrien Afandi Signature                                                     Date

Penutup

Dari bahasan di atas, Anda sudah lihat dua contoh surat perjanjian kontrak kerja. Baik yang berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris sama – sama mengikat. Perlu diingat bahwa kedua format bisa berbeda tapi memiliki inti yang sama, yaitu memberi aturan dan ketentuan yang harus disetujui oleh kedua belah pihak.

Semoga dengan melihat aspek seputar surat perjanjian di atas, Anda semakin tambah wawasan tentang dokumen ketenagakerjaan. Melihat contoh surat perjanjian kerja saja tidak cukup untuk memahami tentang surat ini. Namun, dengan tambahan informasi lain di artikel ini, semoga Anda lebih lancar membuat suratnya. Terima kasih sudah baca artikel tentang perjanjian kerja yang satu ini!

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Perjanjian Kerja Bahasa Indonesia & Inggris"