Begini Contoh Surat Lamaran Kerja di PT
Begini Contoh Surat Lamaran Kerja di PT - Pastinya Anda sudah tahu mengenai surat lamaran kerja itu sendiri. Merupakan dokumen yang berguna untuk memberikan gambaran pada seseorang mengenai suatu hal, yaitu berkaitan dengan kemampuan, data diri, dan lain sebagainya. Begini contoh surat lamaran kerja di PT khususnya.
Definisi Surat Lamaran Kerja
Sebelum melangkah jauh mengenai pemahaman mendalam terkait surat lamaran kerja, Anda juga harus tahu apa arti atau definisinya. Surat lamaran kerja merupakan dokumen yang dibutuhkan oleh beberapa orang, jika ingin melamar pekerjaan agar bisa diterima di sebuah perusahaan atau usaha.
Biasanya, surat lamaran kerja terkait dengan skill atau kemampuan dan lowongan yang tersedia di sebuah perusahaan. Untuk mendapatkannya, maka seseorang perlu mengisi data dirinya secara lengkap dan beberapa dokumen pendukung lainnya supaya perusahaan mau menerimanya.
Keberadaan dokumen ini sangatlah memberikan pengaruh bagi banyak orang, khususnya untuk mereka yang ingin melamar sebuah pekerjaan. Surat lamaran kerja menjadi kualifikasi utama dari perusahaan guna mengetahui gambaran pengalaman dan kemampuan seseorang di bidang tertentu.
Kelebihan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan
1. Kesungguhan Terlihat
Tidak ada yang tidak bersungguh-sungguh ketika mengajukan lamaran pekerjaan ke instansi tertentu. Besar harapan mereka semua agar bisa diterima di perusahaan tersebut. Namun, rasa itu akan sulit untuk terlihat jika Anda hanya menggunakan surat lamaran kerja hasil komputer.
Surat lamaran kerja tulisan tangan akan sangat membantu Anda dalam menampakkan kesungguhan agar bisa perusahaan terima bekerja dan menjadi salah satu anggota di dalamnya. Dokumen itu menandakan seseorang menuangkan effort cukup banyak serta menghindari kesalahan penulisan.
2. Membantu Menilai Karakter Seseorang
Pernahkah mendengar bahwa menulis dapat mengenalkan Anda dengan karakter orang tersebut? Banyak ahli psikologi melihat karakter seseorang tanpa harus bertemu secara langsung, namun hanya dengan melihat dan menganalisis karakternya melalui tulisannya.
Ini sangat berguna bagi perusahaan untuk mengetahui gambaran mengenai karakter pelamar terlebih dahulu. Maka dari itu, penting bagi Anda dalam membuat sebuah surat lamaran kerja serapi mungkin dan hindari adanya coretan atau kesalahan seperti menghapusnya dengan menggunakan tipe-x, dll.
3. Menghindari Hasil Tulisan Orang Lain
Apakah tahu tentang plagiarisme? Yakni suatu bentuk kecurangan dalam menyalin dan menempel tulisan orang lain dan mengakui bahwa tulisan tersebut adalah milik Anda secara keseluruhan. Tentu hal tersebut menjadi lebih mudah dengan adanya perkembangan teknologi saat ini.
Seseorang bisa mendapatkan berbagai referensi melalui internet dan mengubah identitas diri secara, namun keseluruhan tulisan milik orang lain. Kelebihan surat lamaran kerja tulis tangan ini adalah untuk menghindari adanya plagiarisme yang seseorang lakukan nantinya.
4. Mengurangi Rasa Canggung
Sudah banyak sekali perkembangan serta kemajuan di bidang teknologi, membuat beberapa orang enggan untuk menulis. Bahkan, ada sebagian orang yang kehilangan kemampuannya dalam menulis berbagai hal, karena tidak rapi dan juga tidak kurang percaya diri terhadap tulisannya.
Dengan memberikan surat lamaran kerja bertulis tangan tersebut, tentu Anda bisa mengurangi rasa canggung atau gugup di dalam diri ketika pihak perusahaan menyuruh untuk menuliskan dokumen tersebut, sehingga tidak akan memunculkan rasa ragu saat merekrut seseorang.
Kekurangan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan
1. Terjadi Salah Penulisan Kata
Ketika Anda menulis atau membuat surat lamaran kerja melalui komputer, sistem akan memperbaiki kesalahan ejaan setiap kata-kata yang ada di dalamnya, sehingga bisa meminimalisir terjadinya ke - erroran penggunaan kata atau keambiguan dalam setiap kata maupun kalimatnya.
Beda halnya jika Anda menulis surat lamaran kerja secara manual atau tulis tangan. Besar kemungkinan terjadinya kesalahan dalam penulisan setiap kata, tanda baca, dan juga kalimatnya. Setiap kata di dalamnya tidak dapat diperbaiki kecuali dihapus terlebih dahulu.
2. Harus Check dan Recheck
Tidak sama dengan sistem yang ada di komputer. Di mana sistem tersebut mengetahui adanya kesalahan cetak atau penggunaan kata maupun kekurangan tanda baca dalam tulisan seseorang. Anda bisa memperbaikinya secara langsung, cepat, dan tanpa menimbulkan coretan-coretan.
Beda halnya jika menuliskan surat lamaran kerja secara manual menggunakan tulis tangan. Anda harus melakukan pengecekan secara berulang. Karena kalau ada kesalahan satu pun, maka kerusakan tersebut dapat berdampak keseluruhan pada surat tersebut.
3. Susah Mengatur Margin
Keseimbangan di dalam sebuah kertas ketika melakukan penulisan sesuatu merupakan hal penting yang menjadi pertimbangan besar bagi seseorang. Dengan adanya margin, kerapian serta keseimbangan tulisan menjadi lebih terlihat, sehingga akan terlihat menjadi lebih tertata.
Namun, jika Anda menulis surat lamaran kerja di atas kertas, maka akan sangat susah bagi Anda untuk mengatur marginnya. Walaupun tetap menggunakan penggaris, tidak menjamin tulisan akan terlihat rapi. Karena kurangnya keseimbangan antara bagian atas, bawah, kiri, dan juga kanan.
4. Banyak Menghabiskan Kertas
Kekurangan lain ketika Anda menulis surat lamaran kerja secara manual adalah banyak menghabiskan kertas. Karena tidak mungkin hanya sekali tulis saja, tulisan menjadi benar seratus persen tanpa adanya pembenaran pada beberapa bagian.
Hal ini dapat Anda hindari dengan menuliskan draft atau rancangan terlebih dahulu di kertas oret-oretan. Kemudian, pindahkanlah tulisan di draft tersebut ke kertas fix dengan melihat contohnya. Cara ini berguna untuk meminimalisir terjadinya kesalahan berulang dan penulisan katanya.
Jenis-Jenis Surat Lamaran Kerja
1. Surat Lamaran Kerja Terpisah dengan Riwayat Hidup
Pertama, surat lamaran kerja yang terpisah dengan riwayat hidup. Perlu menuliskan curriculum vitae di tempat berbeda. Karena, perusahaan ingin lebih mudah mengenal gambaran diri Anda. Biasanya, di dalam surat lamaran kerja akan ada bagian lampiran tertulis.
Di bagian tersebut, seseorang bisa mencantumkan adanya daftar riwayat hidup yang nantinya digabungkan menjadi satu ke dalam satu folder atau tempat, supaya tidak hilang. Ini dapat membantu Anda agar penulisan pengalaman, keahlian, dan informasi tambahan lainnya menjadi lebih lengkap.
2. Surat Lamaran Kerja Jadi Satu dengan Riwayat Hidup
Jenis kedua adalah surat lamaran kerja yang dijadikan satu dengan riwayat hidup atau CV. Caranya adalah memasukkan daftar riwayat hidup ke dalam surat lamaran pekerjaan tersebut menggunakan model gabungan. Jadi, Anda tidak perlu menuliskan curriculum vitae di tempat lain.
Jenis ini membantu Anda dalam menghemat penggunaan kertas supaya tidak terlalu banyak dalam menggunakannya. Selain itu, dapat membuat pemahaman perekrut atau instansi tertentu untuk mengetahui berbagai hal tentang diri di satu tempat saja
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja PT
1. Bagian Penting Paling Awal
Cara membuat surat lamaran kerja yang benar dan sesuai prosedur adalah dengan memperhatikan penulisan alamat surat, kepada siapa surat tersebut, alamat lengkap perusahaan, salam pembuka, dan juga kata pengantar. Pertama, alamat surat Anda tuliskan di pojok atas kiri kertas.
Kedua, kepada siapa surat ditujukan, posisinya berada di sebelah kiri tepatnya di bawah tanggal dan beri spasi. Ketiga, salam pembuka “Dengan hormat,”. Keempat, kata pengantar untuk menunjukkan alasan pelamar serta cantumkan di mana Anda mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut.
2. Biodata Pribadi
Bagian berikutnya adalah menuliskan biodata pribadi. Tuliskan berbagai informasi penting mengenai data diri Anda. Di antaranya, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap pelamar, nomor telepon yang bisa pihak perusahaan hubungi, e-mail, dan pendidikan.
Anda harus menuliskan setiap informasi tersebut secara benar supaya lebih mudah bagi perekrut untuk menghubungi, ketika ingin memberikan informasi terbaru. Dalam penulisan pendidikan, cukup tulis pendidikan terakhir atau tertinggi saja. Jangan secara keseluruhan.
3. Penulisan Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Ketika perusahaan atau instansi tertentu seperti PT membuka lowongan kerja, pastinya ada posisi yang kosong untuk bisa segera orang lain isi. Anda harus menyesuaikan pengalaman serta kemampuan dalam diri sesuai dengan posisi tersebut agar besar kemungkinan untuk mereka terima.
Pengalaman di sini bisa Anda tuliskan berbagai jenis pengalaman, mulai berorganisasi, kerja, dan masih banyak lainnya. Sedangkan bagian kemampuan, dapat ditulis dengan keahlian khusus atau tambahan guna menambahkan value dalam diri.
4. Penutup
Berikutnya, beralih ke bagian penutup yang tak kalah pentingnya untuk Anda tuliskan. Di bagian ini, perlu dalam menulisnya menggunakan kata-kata penuh harap supaya perusahaan tersebut terima dengan mempertimbangkan isi dari surat lamaran kerja itu.
Contoh dari kalimat penutup yang baik dan benar, yakni “Harapan saya, Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya dan saya menunggu jawabannya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.” Namun, Anda bisa kreasikan sesuai dengan harapan serta keinginan.
5. Lampiran Surat Lamaran Kerja
Inilah contoh dari jenis surat lamaran kerja yang jadi satu dengan daftar riwayat hidup. Anda bisa menuliskan lampiran tersebut di dalam surat itu. Jangan menyingkat kata lampiran menjadi Lamp. karena sifatnya resmi atau formal.
Pastikan untuk menuliskan angkanya jangan menggunakan huruf, contohnya “satu lembar”. Karena itu tidak sesuai dengan prosedur yang sudah ada. Seharusnya menggunakan “1 lembar” supaya lebih jelas bagi perekrut dalam mengenalinya.
6. Penggunaan EYD yang Benar
Karena bersifat formal atau resmi, maka Anda harus menuliskan setiap kata-katanya sesuai dengan EYD. Selain itu, perhatikan tanda baca yang benar agar tidak menimbulkan kata ambigu atau memiliki lebih dari dua arti, sehingga membuat pembaca kebingungan ketika membacanya.
Anda bisa melihat penulisan kata yang benar sesuai dengan EYD di internet. Kemudian, aplikasikan menurut kebutuhan. Gunakanlah pemilihan diksi secara baik. Selain itu, gunakan kalimat yang sederhana namun tetap menarik bagi si pembaca ketika membacanya.
Contoh Surat Lamaran Kerja
1. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan
Walaupun di zaman sekarang, teknologi sudah sangat maju, Anda jangan sampai membuang peluang untuk menuliskan surat lamaran kerja secara manual. Gunakanlah kertas folio bergaris guna memudahkan dalam merapikannya. Inilah contohnya!
2. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Tulis Tangan
PT merupakan pilihan tempat kerja yang banyak orang pilih, karena prospek dan kemampuan yang mereka butuhkan tidak terlalu spesifik. Untuk bisa diterima di tempat tersebut, maka perlu mengajukan surat lamaran kerja. Ini contoh menulisnya!
Contoh di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi dengan menyesuaikan lampirannya serta informasi yang berkaitan dengan data diri atau informasi pribadi. Itu tadi penjelasan yang berkaitan dengan surat lamaran kerja di PT dan beberapa informasi serta contoh-contohnya untuk Anda jadikan sebagai referensi. Perhatikan penulisan kata agar sesuai EYD, sebab dokumen tersebut bersifat formal juga resmi, sehingga harus lebih tinggi dalam menulisnya.
Posting Komentar untuk "Begini Contoh Surat Lamaran Kerja di PT"