Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Stres Kerja Pada Karyawan

Cara Mengatasi Stres Kerja Pada Karyawan

Cara Mengatasi Stres Kerja Pada Karyawan - Apakah sahabat sedang mengalami stres kerja karena tekanan kerja yang tinggi di perusahaan sahabat? sahabat tidak sendiri, karena hampir seluruh karyawan di seluruh indonesia ini pernah mengalaminya, termasuk juga saya sendiri.

Itu terjadi karena memang lingkungan kerja yang mengharuskan kita untuk mengeluarkan sekuat tenaga dan pikiran yang terkadang sudah melampaui batas kemampuan kita sebagai manusia biasa.

Sehingga lambat laun mulailah tumbuh rasa jenuh dan bosan jadi pegawai, semangat kerja mulai kendur, belum lagi permasalah permasalah pribadi yang terkadang menambah ruet dan mengganggu konsentrasi kerja kita.

Tapi tahukah sahabat, mengatasi stres kerja itu sebenarnya mudah banget lho, dengan catatan kalau kita sudah mampu untuk mengelola stres itu dengan benar dan mengetahui faktor penyebab stres kerja yang kita alami, sehingga kita bisa dengan mudah untuk menghindarinya.

Untuk itu sebelum kita bahas cara mengatasi stres kerja, maka kita harus tahu dulu faktor faktor penyebab stres kerja yang umum di perusahaan seperti :



Faktor Penyebab Stres Dari Lingkungan Perusahaan

  1. Persaingan antar karyawan yang tidak sehat
  2. Tekanan dan target dari atasan yang terlalu berat
  3. Suasana kerja yang tidak nyaman
  4. Gaji yang tidak sesuai dengan jabatan yang diberikan
  5. Pekerjaan Rangkap
  6. Terjebak dalam rutinitas kerja
  7. Kondisi pekerjaan yang tidak lagi menarik
  8. Jam lembur yang melebihi batas kewajaran

Faktor Penyebab Stres Dari Diri Dan Keluarga Kita

  1. Adanya masalah keluarga yang tak terduga duga
  2. Gaji yang tidak bisa memenuhi kebutuhan keluarga
  3. Pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion
  4. Komunikasi yang tidak berjalan baik di dalam keluarga
Nah itulah beberapa hal faktor penyebab stres di tempat kerja, jika sahabat sudah mengetahui faktor faktor tersebut, maka cara mengatasi stres kerja yang sahabat alami akan sangat mudah, yakni dengan cara :

Cara mengatasi stres kerja

1. Mencoba mendiskusikan dengan atasan jika memang ada ketidakpuasan terhadap gaji
Jika memang sahabat merasa tidak puas dengan gaji yang sekarang, karena sahabat merasa tidak sesuai dengan beban dan tanggung jawab kerja yang sahabat pikul, maka jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan atasan sahabat agar bisa menjadi petimbangan oleh atasan.

2. Jangan ragu untuk menolak untuk lembur jika memang sahabat sudah merasa letih dan capek, karena lembur itu sifatnya tidak boleh dipaksakan.

3. JIka penyebab stresnya karena suasana kerja yang tidak nyaman dan sumpek, maka sahabat harus bisa merubahan susana kerja tersebut, misalnya dengan merubah tata letak meja kerja sahabat, menambahkan beberapa pot bunga, mengubah cat dinding dll.

4. Jika gaji sahabat di kantor tidak mencukupi kebutuhan keluarga, maka sahabat bisa mencari bisnis sampingan yang sesuai untuk karyawan, agar bisa mencukupi semua keperluan di dalam keluarga.

5. Jika ada kesempatan, jangan lupa untuk mencari pekerjaan lain yang sesuai dengan passion sahabat, sehingga nantinya sahabat bisa pindah kerja yang sesuai dengan yang sahabat inginkan.

6. Anggap pekerjaan sebagai ibadah dan rahmat dari Tuhan, agar kita bisa selalu bersyukur dan tidak mengeluh karena diluar sana banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan.

Mengatasi Stres Kerja Dengan Pola Hidup Sehat

Selain karena hal hal di atas, ada kalanya stres juga disebabkan oleh pola hidup kita yang tidak sehat, untuk itu sebisa mungkin lakukanlah terus pola hidup sehat, agar fisik dan pikiran kita selalu bugar diantaranya seperti :

1. Rajin Berolahraga

Meskipun hanya 15 menit setiap hari ataupun satu minggu sekali, olahraga merupakan cara paling baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar serta pikiran menjadi fresh sehingga sangat jarang sekali kita akan terkena stress.

2. Rajin Beribadah

Adakalanya stress timbul akibat kita kurang mendekatkan diri dengan ALLAH SWT, akibatnya kita kurang sabar dan tegar dalam menghadapi setiap masalah, untuk itu rajinlah beribadah agar kita bisa lebih sabar dan tawakal kepada ALLAH SWT.

3. Jangan Menunda Nunda Pekerjaan

Terkadang kita menganggap sepele pekerjaan yang ringan dan memilih untuk menundanya, padahal di lain waktu kita masih akan ada pekerjaan yang lain, akibatnya pekerjaan pun kian menumpuk yang akhirnya membuat kita stres sendiri, untuk itu jangan sampai sahabat menunda nunda pekerjaan.

4. Jangan Terlalu Banyak Begadang

Terlalu banyak begadang akan membuat tubuh kita cepat lelah dan lemas, sehingga membuat semangat kerja berkurang dan produktivitas kerja kita pun menurun, untuk itu sebisa mungking hindarilah begadang agar tubuh kita tetap selalu fit.

5. Datang lebih pagi ke perusahaan

Datang lebih pagi ke perusahaan akan membuat kita lebih siap dalam menyongsong pekerjaan dan menghadapi semua masalah.

Demikianlah sedikit tips mengatasi stres di tempat kerja semoga bisa bermanfaat untuk sahabat semuanya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Stres Kerja Pada Karyawan"