infiniteScrollNav : false, bacaJuga : true,
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Melamar Pekerjaan di Pabrik

Syarat Melamar Pekerjaan di Pabrik

Syarat Melamar Pekerjaan di Pabrik - Biasanya setelah lulus atau wisuda dari kampus atau kuliah, beberapa orang akan mulai mencari pekerjaan yang cocok dengan dengan kemampuannya. Termasuk mempertimbangkan untuk bekerja di sebuah pabrik. Tapi, apa Anda tahu Syarat melamar pekerjaan di pabrik?

Kalau Anda masih baru-baru ini lulus dari jenjang pendidikan, dan ingin melamar di suatu pabrik yang lumayan terkenal. Ada baiknya Anda mengetahui syarat-syaratnya.

Karena biasanya setiap pabrik memiliki persyaratan yang wajib untuk terpenuhi jika ingin melamar sebagai karyawan di pabrik tersebut. Dan setiap syarat yang dibutuhkan juga berbeda-beda tergantung dari perusahaan yang memayungi pabrik tersebut.

Syarat-syarat Umum Melamar Pekerjaan di Pabrik

Syarat melamar pekerjaan di pabrik secara umum, hampir sama dengan melamar kerja pada umumnya. Hanya saja, kalau Anda bergelut di bidang yang membutuhkan tenaga biasanya harus memiliki surat pengalaman kerja. Karena setiap pabrik pasti menginginkan tenaga kerja yang berkualitas, dan tidak asal-asalan. Inilah beberapa persyaratan umum untuk melamar pekerjaan.

1. Surat Lamaran Kerja

Syarat pertama, pastinya surat lamaran kerja yang sudah tersedia oleh pihak pabriknya sendiri untuk Anda isi. Untuk bentuk dan format surat lamaran kerja sendiri sangat beragam tergantung dengan perusahaan atau pabrik yang tuju.

Anda bisa mencari format umum dalam surat lamaran kerja yang sederhana di internet. Lalu isi dan sesuaikan dengan kebutuhan.

2. Curriculum Vitae

Curriculum vitae atau CV, merupakan sebuah berkas yang menunjukan riwayat hidup dan pastinya tercantum di dalamnya jejak karir Anda. Inilah yang dibutuhkan oleh sebuah pabrik, untuk memeriksa apakah Anda merupakan pekerja yang sanggup untuk menerima pekerjaan itu.

Yang akan diperiksa dari CV sendiri, pada umumnya adalah jejak karir Anda, di mana Anda menempuh pendidikan, dan tentunya riwayat hidup. Itu semua dibutuhkan untuk menilai kecocokan Anda dalam sebuah pabrik.

3. Fotokopi Ijazah

Ini adalah satu hal yang tidak boleh terlewatkan. Fotokopi ijazah tidak hanya dibutuhkan ketika Anda akan melamar pekerjaan di sebuah pabrik saja, tapi ketika Anda akan menempuh jenjang pendidikan baru pasti ijazah menjadi syarat utamanya.

Fotokopi ijazah itu sendiri tidak asal-asalan, fotokopi ijazah yang dibutuhkan adalah fotokopi yang sudah dilegalisir. Itu akan menjadi bukti bahwa Anda sudah menempuh pendidikan yang benar, sehingga bisa dijadikan tolak ukur dengan kapasitas kerja yang dimiliki.

4. Surat Keterangan Sehat

Tidak mungkin Anda akan diterima ketika kondisi sedang dalam keadaan sakit parah yang kapan saja bisa kambuh. Maka dari itu surat keterangan sehat atau yang sering disebut SKCK ini, menjadi salah satu syarat yang lumayan penting bagi sebuah perusahaan pabrik.

Tentunya catatan kepolisian, dan pas foto juga tak kalah pentingnya. Dengan ketiga dokumen tersebut, Anda akan dipantau dengan teliti agar keberadaan Anda tidak merugikan pabrik. Pas foto juga akan menunjukkan penampilan resmi Anda.

Untuk pas foto sendiri, sebaiknya Anda menggunakan ukuran yang umum untuk melamar pekerjaan. Contohnya ukuran 3x4 atau 4x6. Itu adalah ukuran ideal, kalau ingin ukuran lain pastikan kalau sebaiknya tidak terlalu besar atau kecil.

5. Kartu Kuning dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Untuk syarat melamar pekerjaan di pabrik kartu kuning juga termasuk dokumen yang Anda perlukan. Kartu kuning bisa Anda dapatkan dengan mengurusnya di kementerian tenaga kerja.

Kartu ini dibutuhkan oleh sebuah pabrik untuk memasukkan lowongan kerja yang Anda terima di dinas pemerintah. Untuk kartu kuning ini, ada pabrik yang mensyaratkan dan juga tidak. Jadi, untuk berjaga-jaga lebih baik dipersiapkan untuk melamar kerja.

6. Visa Kerja dan Paspor

Kalau Anda berencana untuk melamar kerja di negara asing, 2 dokumen ini harus menjadi syarat paling utama Anda. Cek terlebih dahulu, apakah visa kerja dan paspor Anda masih aktif atau tidak. Agar Anda bisa memasuki negara dimana pabrik yang akan Anda tuju berada.

Tentunya saja dengan adanya 2 dokumen ini, akan dijadikan tanda kerja yang sah dan juga legal. Ini bisa mengurus visa kerja dan paspor dengan jalur daring atau online, maupun dengan mengikuti prosedur yang sudah ada di kantor imigrasi.

Selain visa dan paspor, pastikan Anda sudah mendapatkan sertifikat kemampuan berbahasa asing dengan standar tertentu. Ini tergantung dengan pekerjaan dan posisi pekerjaan yang Anda inginkan.

7. Sertifikat atau Piagam Penghargaan

Jika Anda memiliki suatu sertifikat maupun piagam penghargaan yang berkaitan dengan bidang pekerjaan, ini akan menjadi salah satu lompatan yang signifikan. Syarat ini sendiri sifatnya opsional ya.

Syarat opsional ini hanya untuk meyakinkan kalau Anda memiliki suatu potensi yang akan membuat sebuah pabrik menjadi lebih baik lagi. Anda hanya perlu fotokopi, sudah bisa menjadi bukti kemampuan kerja yang sudah pasti terverifikasi.

8. Siapkan Mental dan Kemampuan

Bukan hal yang aneh jika hendak melamar pekerjaan atau menjalani wawancara pekerjaan, rasa gugup, takut dan grogi muncul tiba-tiba.

Maka dari itu, persiapkanlah dari awal mental dan kemampuan berbicara dan kemampuan kerja. Agar hasil yang Anda dapatkan pun menjadi maksimal dan berkesempatan besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Karena persyaratan kerja setiap pabrik, pasti memiliki persyaratan khusus tergantung dengan posisi apa yang Anda lamar. Jadi persiapkanlah dengan sangat baik sebelum pergi.

Pekerjaan Pabrik yang Menjanjikan

Syarat melamar pekerjaan di pabrik sesuai dengan ulasan di atas bisa kamu terapkan juga di dalam ketika hendak masuk ke dalam perusahaan startup. Startup sendiri adalah sebuah bisnis yang baru beroperasi dan masih berada di dalam fase pengembangan.

Apa kebetulan pabrik yang akan Anda tuju adalah sebuah startup? Maka Anda perlu berbahagia diri, karena untuk masuk ke dalam sebuah pabrik Startup merupakan menjadi salah satu idaman dari hampir semua orang yang akan melamar kerja.

Kenapa demikian? Karena dengan masuk kedalam pabrik Startup, berkemungkinan besar untuk mendapatkan posisi yang tinggi. Kalau Anda percaya diri dengan kemampuan kerja yang Anda miliki, masuk ke dalam pabrik Startup merupakan salah satu peluang terbaik dan menjanjikan.

Karena mungkin persaingan tidak sehat tidak akan terjadi di sini, dan yang termasuk kedalam perusahaan startup adalah Tokopedia, bukalapak, shopee, JD. Id, Blibli, lazada ataupun OLX, merupakan contoh perusahaan startup di dalam bidang e-commerce.

Ciri-ciri dari perusahaan startup sendiri adalah perusahaan baru berdiri kurang dari tahun, dan juga kekurangan karyawan, karena masih dalam tahap perkembangan. Startup biasanya terjun ke dalam bidang teknologi dan fokus pada pengembangan bisnis digital dan menyasar kaum millennial.

Misalnya seperti perusahaan pengembangan website, aplikasi digital hingga pemanfaatan sosial media untuk menunjang bisnisnya.

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang mencari incaran bagi perusahaan startup:
  1. Product manager
  2. UX (User Experience) researcher
  3. Data analyst
  4. Software engineer
  5. Sales
  6. Digital marketing
  7. Operasional
  8. Business development
  9. Customer service
  10. Human resources and general affairs
Daftar di atas merupakan syarat yang wajib untuk Anda penuhi jika ingin bekerja di sebuah pabrik, pastikan sudah memenuhi semua syarat melamar pekerjaan di Pabrik agar Anda bisa lolos dan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Posting Komentar untuk "Syarat Melamar Pekerjaan di Pabrik"