infiniteScrollNav : false, bacaJuga : true,
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan dan Contohnya

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan dan Contohnya

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan dan Contohnya - Surat lamaran kerja merupakan salah satu hal penting dalam melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai bagaimana menyusun struktur surat lamaran pekerjaan dan contohnya yang baik dan benar.

Karena membuat surat lamaran kerja tidak bisa Anda buat dengan seenaknya, tanpa memperhatikan penggunaan struktur. Karena setiap karya tulis sudah pasti memiliki struktur sebagai patokan utamanya sama halnya dengan surat lamaran kerja.

Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Pembuatan surat lamaran sebenarnya tergantung dengan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar. Pada umumnya sistematika yang ada pada surat lamaran kerja sendiri meliputi beberapa elemen penting.

Mulai dari tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran tersebut, alamat pengirim surat, bagian salam pembuka surat, alinea, isi, penuput, salam penutup, tanda tangan dan nama terang.

Berikut ini penjelasan dari struktur surat lamaran pekerjaan dan contohnya:

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Hal pertama yang diperlukan adalah tempat dan tanggal pembuatan surat. Bagian ini sangat penting karena untuk mengetahui kapan dan dimana surat lamaran ini dibuat. Peletakan tempat dan tanggal surat lamaran biasanya ada di pojok kanan atas surat lamaran.

2. Lampiran dan Hal

Biasanya pada surat lamaran pekerjaan anda akan menyertakan dengan berbagai lampiran. Seperti pada lamaran pekerjaan yang harus melampirkan data diri sebanyak 2 lembar contoh penulisannya seperti dibawah ini:

Lampiran : Tiga lembar
Hal : Pemberitahuan

Kesalahan yang umumnya terjadi adalah dengan menyingkat kata lampiran menjadi lamp. Maka untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar maka jangan menyingkat kata lampiran.

3. Alamat Surat

Pada alamat surat biasanya akan diisi dengan alamat penerima serta alamat perusahaan yang dilamar. Pada penulisan alamat surat juga sering terjadi beberapa kesalahan penulisan. Berikut ini beberapa kesalahan dalam penulisan alamat surat.
  • Dalam pembuatan surat lamaran kerja termasuk dengan surat dinas, Anda tidak menyurati seseorang saja. Oleh kerna itu, anda tidak perlu menggunakan “Kepada”.
  • Penulisan alamat dalam surat lamaran kerja sebaiknya dibuat tidak lebih dari tiga baris. Hal ini dilakukan agar isi surat lamaran kerja lebih singkat dan ringkas.
  • Untuk menulis bagian jabatan seseorang, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan panggilan dengan menggunakan jenis kelamin lagi. Agar surat lamaran tidak terlalu panjang. Nama panggilan seperti Bapak atau Ibu tidak perlu digunakan jika terdapat nama jabatan.
  • Penulisan keterangan teks “Jalan” pada alamat tidak boleh disingkat.
  • Alamat surat lamaran kerja bukan merupakan sebuah kalimat, maka dari itu jangan menggunakan titik di setiap akhir baris.

Contoh pembuatan alamat surat:
Yth. Manajemen PT. Sukses Selalu
Jalan Tajur nomor 12, Ciawi
Bogor

4. Salam Pembuka

Membuat salam pembuka dalam surat lamaran kerja merupakan salam atau ucapan hormat yang biasa dimulai dengan kalimat “dengan hormat” dalam memulai surat lamaran kerja secara formal. Berikut ini contoh pembuatan salam pembuka

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya mengajukan lamaran menjadi Staf It Support pada PT. Maju Sejahtera.

5. Alinea Pembuka

Alinea pembuka merupakan alinea utama untuk mengungkapkan pernyataan diri dari pembuatan surat lamaran kerja.

Misalkan pada iklan lowongan kerja mencantumkan permintaan untuk lulusan baru atau fresh graduate. Maka pada surat lamaran ini apabila anda fresh graduate perlu untuk mencantumkan keterangan fresh graduate pada alinea pertama.

Kesimpulannya alinea pertama merupakan jembatan utama dialog antara surat lamaran pekerjaan beserta iklan lowongan pekerjaan. Hal ini penting agar perusahaan yang anda lamar merasa dihargai. Karena anda tidak hanya membuat lamaran ke satu perusahaan.

Contoh dari alinea pembuka ini dapat dilihat dibawah ini

Dengan Hormat,

Berdasarkan kebutuhan yang tercantum pada lowongan pekerjaan yang saya peroleh melalui internet, saya bersedia untuk bekerja keras dan memiliki kualifikasi yang relevan, karena saya baru saja lulus dari Universitas bidang akuntansi.

6. Isi Surat

Biasanya isi surat lamaran pekerjaan terdiri dari beberapa hal seperti di bawah ini
  • Identitas Diri
Berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir dan dapat ditambah hal lainnya sesuai dengan kebutuhan melamar. Berikut ini merupakan contoh dari identitas diri:

Nama : Jaya Nur Zak
Tempat Tanggal Lahir : Bogor, 21 Januari 1999
Pendidikan Terakhir : S1 Ilmu Komputer
Alamat : Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor
  • Maksud dan Tujuan

Pada maksud dan tujuan merupakan keterangan mengenai alasan utama pengirim atau pelamar untuk menuliskan surat lamaran kerja.
  • Menyatakan Lampiran
Pada lowongan pekerjaan biasanya Anda akan diminta untuk menyertakan beberapa dokumen penting. Dan berhubungan dengan syarat dari lamaran pekerjaan seperti Fotocopy KTP, Ijazah, hingga pas foto, sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

7. Penutup Surat Lamaran Kerja

Dalam penutup surat sebaiknya pelamar harus menunjukan keantusiasan atau harapan terhadap pekerjaan atau posisi yang Anda lamar. Contoh dari penutup surat lamaran pekerjaan di bawah ini.

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat dan saya memiliki harapan yang sangat besar untuk dapat diterima dan bergabung menjadi bagian dari perusahaan yang Anda kelola.’

8. Salam Penutup Surat Lamaran Kerja

Apabila pada awal surat lamaran kerja terdapat salam pembuka maka pada bagian akhir harus menyertakan salam penutup. Salam penutup yang bisa anda tulis secara sederhana seperti

Hormat saya,

9. Tanda Tangan Serta Nama Terang

Tanda tangan dan nama terang sangat pada surat lamaran kerja memiliki fungsi untuk memberikan bukti yang sah. Bahwa surat tersebut ditulis oleh Anda sendiri. Bagian ini ditempatkan tepat di bawah salam penutup contohnya

Hormat saya,



(tanda tangan)



Anisa Melandani

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Setelah mengetahui struktur surat lamaran pekerjaan maka anda dapat menyusun surat lamaran pekerjaan namun apabila masih kebingungan berikut ini contoh dari surat lamaran pekerjaan.

Bogor, 07 April 2022

Kepada YTH
HRD Manager
Gedungkerjaku.id
Bandung

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari aplikasi pencari lamaran pekerjaan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : . . . . . . . .
Tempat, Tanggal Lahir : . . . . . . . .
Alamat : . . . . . . .
Nomor Kontak : . . . . . .
Pendidikan Terakhir : . . . . . .

Dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan untuk melamar pekerjaan di perusahaan bapak/ibu sebagai staff it support. Saya mempunyai keahlian dalam trouble solving komputer, trouble solving jaringan, aplikasi MS Office seperti MS. Word, MS. Excel, serta powerpoint. Bersamaan dengan surat ini saya sertakan beberapa lampiran untuk bahan pertinmbangan bapak/ibu.
  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotocopy ijazah S1 dan transkip nilai
  3. Fotocopy sertifikat khusus pelatihan
  4. Pas foto terbaru
Melalui surat permohonan ini saya menyatakan siap untuk meluangkan waktu dan tenaga apabila Anda perlukan dan besar haparan saya dapat mengikuti tes seleksi dan wawancara.

Terimakasih


Hormat saya,

(tanda tangan)

Nama anda

Demikian pembahasan mengenai struktur surat lamaran pekerjaan dan contohnya semoga dapat memberikan manfaat kepada pembaca terutama yang membutuhkan referensi dalam penulisan surat lamaran kerja agar meminimalisir kesalahan yang terjadi.

Posting Komentar untuk "Struktur Surat Lamaran Pekerjaan dan Contohnya"