infiniteScrollNav : false, bacaJuga : true,
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris - Untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan salah satu hal penting untuk disiapkan adalah surat lamaran pekerjaan. Apabila anda ingin melamar pekerjaan pada perusahaan internasional berikut ini pembahasan mengenai struktur surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris yang baik.

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris

Application letter atau cover letter merupakan surat bisnis resmi yang sering ada di dalam surat lamaran pekerjaan atau resume yang akan Anda kirimkan kepada perusahaan yang memberikan pekerjaan.

Surat lamaran kerja biasanya berisi identitas dan kualifikasi pelamar untuk menarik perhatian dari perusahaan penyedia lowongan pekerjaan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kesempatan mengikuti proses rekrutmen seperti wawancara ataupun tes tertulis.

Struktur surat lamaran biasanya terdiri dari beberapa bagian penting seperti kontak informasi, salam, badan surat, penutup yang tepat dan tanda tangan. Apabila anda belum mengetahui Struktur surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris berikut ini penjelasannya.

1. Contact Information (Kontak Informasi)

Pada bagian header surat pelamar perlu untuk menuliskan informasi atau kontak agar pihak perusahaan dapat menghubungi lebih lanjut. Contohnya seperti di bawah ini

Anisa Ayu Ramadani
Bogor, Bogor Tengah, (kode pos) | (nomor telepon) | (email)

Apabila Anda kirimkan melalui email maka pada bagian kontak diletakkan pada bagian akhir serta informasi tambahan seperti email dan nomor telepon bisa ditambahkan. Apabila menggunakan email dengan nama yang profesional kontak informasi dapat dimasukan pada bagian tengah.

Jika surat lamaran dikirimkan melalui pos atau dengan memberikannya secara langsung maka pada kiri bawah kontak informasi pelamar cantumkan informasi untuk pihak perusahaan seperti nama HRD beserta alamat kantor yang Anda lamar. Contohnya seperti di bawah ini

Yoga Pamungkas
HR Manager
xxxxxx
Jl. Merdeka, Jakarta

2. A Salutation (Salam Pembuka)

Salam pembuka merupakan hal yang penting untuk menunjukkan rasa hormat. Apabila mengetahui nama pihak HRD atau personalia maka cukup untuk mencantumkan namanya. Apabila tidak mengetahui namanya maka bisa menggunakan hiring manager atau sejenisnya. Contohnya:

Dear Hiring Manager
Dear Mr / Mrs / Ms ….

3. The Body of Cover Letter (Badan Surat)

Pada badan surat ini penting untuk menunjukkan maksud dari penulisan surat dan kualifikasi pelamar. Pelamar perlu menuliskan kualifikasi, pengalaman serta motivasi kerja agar pihak perusahaan dapat mempertimbangkan pelamar untuk menjadi kandidat pekerja.
  • Paragraf Pertama
Pada bagian ini Anda bisa menunjukkan maksud dan tujuan dari surat tersebut. Serta posisi apa yang Anda inginkan. Di sini Anda juga bisa menyebutkan sumber informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut. Bisa dari surat kabar, sosial media, situs resmi perusahaan tersebut, dari rekan dan kenalan atau bahkan sesuai inisiatif Anda sendiri.
  • Paragraf Kedua
Khusus bagian ini Anda bisa menyertakan kualifikasi yang tampaknya sesuai dengan posisi pekerjaan yang Anda inginkan. Dan pastinya kualifikasi tersebut mampu menarik perhatian dari pihak HRD.
  • Paragraf Ketiga
Di bagian ini Anda bisa menunjukkan jika Anda telah mengetahui betul posisi yang Anda inginkan. Selain itu Anda juga dapat menyertakan kontribusi apa saja yang bisa Anda berikan pada perusahaan tersebut ketika sudah berhasil diterima bekerja di sana.

4. An Appropriate Closing (Penutup yang Tepat)

Penutup pada surat lamaran kerja harus secara profesional. Pelamar bisa menggunakan salah satu penutup seperti di bawah ini:
  • Best Regards
  • Sincerely
  • Yours sincerely
  • Regards

5. A Signature (Tanda Tangan)

Tanda tangan penting untuk dimasukan pada akhir surat lamaran. Apabila surat lamaran ditulis secara manual maka pelamar bisa memasukan tanda tangan secara manual.

Namun apabila pelamar menggunakan dokumen yang dikirimkan melalui email maka pelamar harus melakukan scan tanda tangan serta meletakkannya pada bagian tanda tangan. Di bawah tanda tangan biasanya dituliskan nama terang pelamar.

Alasan Membuat Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris

Tentu bukan tanpa alasan bagi seseorang untuk memutuskan membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan Bahasa Inggris. Padahal sebenarnya membuat surat lamaran kerja dengan bahasa Indonesia saja bisa dan sah.

Namun ada beberapa alasan tertentu yang membuat seseorang akhirnya membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris.

Berikut ini adalah alasannya:

1. Melamar di Perusahaan Asing

Alasan pertama yang membuat seseorang membuat surat lamaran berbahasa Inggris tentu saja karena perusahaan tempat dia melamar adalah perusahaan Asing. Artinya perusahaan ini berada dan beroperasi di luar Indonesia.

Sehingga sudah pasti bahasa yang digunakan untuk membuat surat lamaran kerja adalah bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang digunakan oleh banyak negara di dunia. Terutama jika perusahaan yang akan Anda lamar berada di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka.

2. Melamar di Perusahaan Berskala Internasional

Berbeda dengan perusahaan asing yang berkantor dan beroperasi di luar Indonesia, perusahaan berskala internasional berada dan beroperasi di Indonesia. Namun karena perusahaan ini sudah menggunakan standar Internasional maka tak ada salahnya jika membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan bahasa Inggris.

Hal ini dilakukan untuk memberikan nilai tambah pada diri Anda sehingga perusahaan mendapatkan pertimbangan yang besar untuk lolos dan masuk ke perusahaan tersebut.

Dengan menggunakan bahasa Inggris dalam pembuatan surat lamaran kerja, maka Anda sudah mampu menunjukkan jika Anda adalah kandidat yang pas karena perusahaan tersebut berskala internasional.

Selain itu, beberapa perusahaan berskala internasional juga sering sekali memberikan syarat bai pelamarnya untuk membuat surat lamaran kerja berbahasa Inggris.

3. Ingin Menunjukkan Nilai Lebih

Tak jarang seseorang memutuskan untuk membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan Bahasa Inggris. Meski tidak sedang melamar untuk perusahaan asing dan perusahaan berskala internasional.

Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, maka opsi untuk membuat surat lamaran berbahasa Inggris juga bisa menjadi cara terbaik untuk menunjukkan nilai lebih. Terutama jika pekerjaan yang Anda tuju membutuhkan skill bahasa Inggris yang baik.

Sehingga tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk membuat surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan bahasa Inggris meskipun tidak ada dalam persyaratan saat melamar.

Tapi bukan berarti Anda harus selalu menggunakan bahasa Inggris dalam membuat surat lamaran kerja. Karena meski saat menggunakan bahasa Inggris pada pembuatan surat lamaran kerja. Namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda tetap menggunakan bahasa Indonesia.

Bahkan menjadi sebuah kesalahan jika Anda menulis surat lamaran kerja dengan menggunakan bahasa Inggris. Bukannya mendapatkan nilai lebih, Anda justru akan dianggap tidak memiliki kredibilitas karena tidak memahami pekerjaan yang akan Anda lakukan.

Contohnya jika Anda melamar pekerjaan sebagai penulis artikel Bahasa Indonesia, editor atau bahkan Guru Bahasa Indonesia. dan membuat surat lamaran pekerjaan dengan bahasa Inggris. Maka yang terjadi adalah Anda akan kehilangan kepercayaan dan dianggap kurang cocok dengan pekerjaan yang sedang Anda ingin masuki.

Jadi sebelum memutuskan untuk membuat surat lamaran berbahasa Inggris maka sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal. Mulai dari latar belakang perusahaan yang Anda tuju, deskripsi pekerjaan hingga syarat yang diberikan saat akan melamar.

Demikian pembahasan mengenai Struktur surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris semoga dapat memberikan manfaat dan informasi terutama yang membutuhkan surat lamaran dalam bahasa inggris.

Posting Komentar untuk "Struktur Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris"