infiniteScrollNav : false, bacaJuga : true,
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya - Hal yang sering membuat khawatir atau dag dig dug di awal mencari kerja adalah interview. Pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya akan membuat pemikiran tersendiri untuk sebagian orang.

Dari banyaknya pertanyaan yang muncul, ada beberapa yang memang perlu pemikiran khusus ketika menjawabnya. Pertanyaan dan jawaban yang terlontar akan menjadi nilai tersendiri untuk recruiter, apakah layak untuk lanjut atau tidak.

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya

Interview kadang membuat stres baik orang yang awal mencari kerja. Tidak paham apa yang dengan pertanyaannya, jawabannya tidak karuan dan keringat dingin keluar tidak ada habisnya. Untuk menyikapi, sebaiknya mempelajari dulu pertanyaan apa yang paling sering muncul saat wawancara lamaran kerja.

Pada umumnya, ada beberapa pertanyaan mendasar yang sering muncul oleh. Recruiter akan bertanya seputar CV, pengalaman, organisasi atau data pribadi yang sekiranya berhubungan dengan posisi pekerjaan. Selain itu, ada pertanyaan tertentu dan khusus untuk lowongan pekerjaan tertentu.

Agar tidak salah jawab, alangkah baiknya mempelajari tanya dan jawab berikut. Agar saat interview bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik dan dapat konsentrasi penuh. Pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya bisa menjadi pembelajaran.

1. Ceritakan Tentang Diri Anda

Sebetulnya pertanyaan yang sangat mudah untuk Anda jawab, nyatanya, ada beberapa orang grogi di awal interview. Pertanyaan sederhana ini menjadi pertanyaan berat yang akhirnya interview kaku dan bikin stres.

Jika pertanyaan tersebut muncul, Anda cukup menjawab saja dengan apa adanya tentang apa yang telah diri Anda dan pengalaman kerja Anda selama ini. Atau menjelaskan jika Anda adalah fresh graduate. Selain itu ceritakan semua hal yang berhubungan erat dengan pengalaman kerja atau ceritakan tentang keorganisasian yang pernah Anda ikuti.

Jangan lupa sampaikan point penting tentang diri yang ada kaitannya dengan lowongan yang tersebut. Jawaban santai, runut dan ada hal unik di sana akan membuat recruiter tertarik. Meskipun, pertanyaan ini sebetulnya untuk mencairkan ketegangan saat interview awal.

2. Apa Kelebihan yang Anda Miliki?

Pertanyaan kedua ini juga antara susah tapi juga mudah untuk dijawab. Apabila sudah santai dan tidak terlalu grogi, maka akan muncul jawaban yang relevan. Berikan jawaban yang benar-benar mencakup kelebihan diri, apa adanya.

Salah satu hal penting adalah masalah kepemimpinan. Leadership akan memberi nilai plus jika dapat mengolahnya untuk kemajuan perusahaan. Katakan dengan jelas bagaimana Anda mampu memimpin, bekerja tim atau perseorangan.

Pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya akan kelebihan bagus dalam kepemimpinan. Pengaruh untuk bisa memotivasi dan mengawasi orang lain untuk pencapaian hasil lebih baik sangat berguna untuk berkembang.

3. Apa Kekurangan yang Anda Miliki?

Setiap orang memiliki kekurangan dan jawaban yang paling tepat adalah bilang terus terang. Namun, perlu diingat bahasa yang tepat dan pas sehingga jawaban akan kekurangan ini menjadi positif. Misalnya saja kekurangan yang paling kentara adalah lupa.

Tentu, lupa menjadi hal sangat menyebalkan jika dalam sebuah tim kerja. Untuk itu, ungkapkan karena kekurangannya adalah lupa, maka selalu membawa catatan kecil yang dibawa kemanapun. Atau untuk menutup kekurangan itu dengan menuliskannya di ponsel.

Dengan begitu kekurangan yang ada dapat tertutupi dengan baik dan bukan menjadi penghalang untuk gabung di perusahaan. Inilah yang dimaksud hal negatif diubah ke bentuk positif.

4. Apakah Anda Tahu Tentang Perusahaan Ini?

Pertanyaan kadang menjebak dan harus pintar menjawabnya agar tidak terjebak. Perusahaan besar memiliki banyak hal yang harus diketahui seorang pelamar pekerjaan. Lebih baik, sebelum interview mencari dulu tentang perusahaan yang dimaksud seperti apa.

Informasi dapat diperoleh melalui karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut, internet atau cara lain. Dengan begitu ketika pertanyaan tentang perusahaan dimana Anda melamar, tidak bingung menjawabnya.

Pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya dengan apa adanya. Sesuai yang diketahui dan berikan kalimat positif tentang perusahaan tersebut. Dengan demikian ada antusiasme untuk ikut bergabung dalam perusahaan karena memang bagus.

5. Apa yang Membuat Tertarik Melamar Posisi Ini di Perusahaan?

Ada sebagian orang HRD atau recruiter bertanya kenapa tertarik untuk posisi lowongan tertentu. Jawaban yang membingungkan jika seseorang baru lulus menghadapi pertanyaan seperti itu. Sebelum pelaksanaan interview ada baiknya mencari tahu pekerjaannya apa dalam posisi lowongan tersebut.

Meskipun hanya tahu sedikit, tak masalah karena memang belum bekerja di tempat tersebut. Namun, apabila sudah berpengalaman tentu bukan hal yang sulit ketika menjawabnya. Untuk yang baru lulus jangan patah semangat karena recruiter akan lebih tahu mana yang pantas untuk direkrut.

6. Apa yang Akan Anda Berikan untuk Perusahaan Jika Diterima?

Kontribusi seperti apa untuk memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Jawaban yang tepat adalah sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Tak terlu terlalu berlebihan tapi cukup relevan memberikan yang terbaik untuk perusahaan.

Beritahukan akan prestasi yang telah Anda punya di perusahaan sebelumnya dan katakan rencana yang akan Anda lakukan. Hal ini akan menambah tingkat keseriusan saat melamar pekerjaan. Apabila sebagai fresh graduate ceritakan tentang organisasi yang pernah diikuti.

Dari sini recruiter tahu tingkat manajemen seperti apa yang mampu dilakukan meskipun belum ada pengalaman kerja sama sekali. Manajemen dalam hal apapun dibutuhkan saat berada dalam sebuah perusahaan dan banyak tim terkait.

7. Punya Rencana Apa 3 dan 5 Tahun ke Depan?

Planning yang sebetulnya sudah dapat Anda perkirakan bakal muncul. Jika memiliki rencana untuk menikah bahkan memiliki anak, dapat Anda bicarakan secara terus terang. Pada posisi tertentu recruiter memang perlu tahu rencana ke depan dalam hubungannya dengan lowongan pekerjaan.

Ada perusahaan yang memang membutuhkan karyawan tidak boleh menikah dahulu untuk hal-hal tertentu. Atau sesama karyawan yang telah menikah dan dalam departemen yang sama akan pindah ke departemen lain.

Kebijaksanaan tersebut yang membuat pertanyaan planning pribadi ke depan dan akan menjadi pertanyaan yang menarik. Pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya serta terus terang. Hal ini akan memudahkan recruiter untuk menilai sebaiknya seperti apa agar dapat memaksimalkan pelamar.

8. Apa yang Anda Lakukan Jika Ada yang Mengkritik?

Setiap pekerjaan memiliki konsekuensinya masing-masing, mendapatkan kritik bahkan mengkritik. Pertanyaan ini sering muncul dan jawaban yang menarik adalah jika kritikan menjadi support untuk berkembang. Jangan jadikan kritik menjadi hal negatif dan kinerja menurun.

Katakan saja dengan kritik maka lebih tahu kekurangan diri dan lebih memahami kerja tim. Kritik yang membangun akan membuat semangat tersendiri karena harus mencari solusi untuk membuat kritikan menjadi hal baik.

Kritik akan menjadi salah satu hal paling bermanfaat dalam sebuah perusahaan jika hal tersebut berlanjut dengan pengembangan diri. Katakan saja kritik tak akan membuat diri menjadi terhina apalagi marah, menerima dan berusaha untuk lebih baik lagi.

Pertanyaan akan berkembang sesuai dengan jawaban dari pelamar, maka tidak ada yang dapat menebaknya. Hanya, pertanyaan yang sering muncul memang berkisar seperti tersebut di atas. Pada dasarnya semua pertanyaan menjadi mudah untuk Anda jawab jika dalam keadaan tenang.

Pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya akan membuat pelamar lebih tahu yang perusahaan butuhkan. Selain itu menjadi pengalaman tak terlupakan saat melamar kerja. Setiap perusahaan memiliki kebijaksanaan masing-masing saat memilih pelamar.

Posting Komentar untuk "Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya"