infiniteScrollNav : false, bacaJuga : true,
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk Posisi Administrasi

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk Posisi Administrasi

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk Posisi Administrasi - Bekerja di salah satu institusi atau perusahaan membutuhkan tahap awal melalui recruiter. Ada kalanya menjadi pikiran karena tak tahu contoh surat lamaran pekerjaan untuk posisi administrasi. Seperti apa dan bagaimana cara membuatnya, masih kurang begitu jelas.

Bukan masalah dan tak jadi soal di zaman digital sekarang ini. Lamaran pekerjaan bisa kita buat sedemikian rupa sehingga benar-benar menarik recruiter untuk mengenal lebih jauh pelamar. Guna menentukan apakah lowongan pekerjaan tersebut memang pas untuk yang bersangkutan.

1. Isi Wajib Surat Lamaran Pekerjaan

Secara umum surat lamaran pekerjaan adalah permohonan, berkas ataupun file yang dit ke sebuah perusahaan. Bukan hanya perusahaan saja, tapi juga institusi yang membutuhkan calon karyawan baru.

Sebuah permohonan untuk bekerja di perusahaan tersebut tentulah harus dibuat sebaik mungkin. Langkah pertama untuk menarik recruiter apakah lanjut, atau berkas hanya sampai di tahap awal tidak ada kelanjutan.

Ada isi wajib dari contoh surat lamaran pekerjaan untuk posisi administrasi harus Anda ketahui sebagai pelamar kerja. Ada sistematika tertentu yang diharuskan ada saat menulis surat lamaran pekerjaan ini. Meskipun tidak ‘wajib dan harus’ sebaiknya memang ada. Selengkapnya seperti di bawah ini.

2. Tanggal dan Tempat

Surat dibuat dimana dan pada tanggal berapa menunjukkan dimana keberadaan pelamar. Hal ini dimaksudkan agar lamaran yang ditujukan memang lengkap dan layak dilirik recruiter untuk lanjut ke proses berikutnya.

Jika kualifikasi administrasi saja tidak lolos, bagaimana mungkin mau ke tahap lebih lanjut. Letak dari tempat dan tanggal bisa lurus di kanan atas atau malah kiri atas. Hal ini tergantung dari desain surat lamaran yang dibuat, sekarang ini banyak desain yang unik dan bagus.

3. Lampiran

Lamaran pekerjaan hubungannya dengan lampiran sebagai pelengkap dari isi lamaran tersebut. Lampiran jangan ditulis dengan ‘lamp’ saja, karena terkesan kurang sopan. Lagipula melamar pekerjaan tulisannya jangan disingkat, tulis dengan benar dan tanpa salah ketik.

Lampiran berisikan segala hal terkait dengan kelengkapan surat, baik itu CV, fotocopy ijazah dan hal lain yang dirasa penting. Urutkan lampiran dengan baik dan benar agar recruiter yang melihat dan cek ricek juga senang memeriksanya.

4. Penulisan Alamat

Dalam membuat lamaran kerja tentu ada alamat dari perusahaan yang hendak Anda tuju. Alamat sebaiknya Anda tulis singkat tapi jelas dan tepat sasaran. Penulisan alamat yang benar.
  • Lamaran ditujukan kepada perusahaan atau HRD setempat, jadi tidak perlu menggunakan kata kepada. Meskipun sebagian pelamar masih menggunakan kata tersebut, tak masalah juga.
  • Tulis alamat perusahaan dengan singkat, padat dan jelas. Jangan terlalu panjang kecuali di alamat tertentu yang memang harus panjang. Lebih baik maksimal 3 baris sehingga terkesan rapi dan bagus.
  • Ketika menuliskan alamat ini, jangan menyingkat kata Jalan dengan ‘Jl’. Sebaiknya ditulis lengkap tanpa ada singkatan kata di sana.
  • Jika ingin menuliskan kepada seseorang, baik itu lelaki atau perempuan, sebaiknya tidak menggunakan kata Bapak atau Ibu.
  • Menulis alamat tidak perlu titik karena alamat bukan merupakan sebuah kalimat.
Jika masih pusing dengan contoh surat lamaran pekerjaan untuk posisi administrasi penulisan alamat perusahaan ini, lihat contohnya di sini.

Yth. Manajemen Mandiri Makmur Satu

Jalan Sanggrahan no. 30, Kali Sendang

Semarang

Dari contoh tersebut dapat Anda lihat alamat singkat, padat dan tidak terlalu panjang. Melihat sekilas contohnya ternyata tidak serumit yang Anda bayangkan. Memang ada ketentuan yang harus Anda perhatikan supaya penulisan alamat ini rapi dan tetap bagus.

5. Salam Awal

Kalimat pembuka menjadi hal penting yang merupakan salam dan cara awal melakukan perkenalan. Meskipun resmi, tetap saja perlu diperhatikan kaidah yang berlaku. Pada lamaran bersifat formal, kata ‘Dengan hormat’ menjadi pilihan banyak orang ketika membuat salam pembuka.

Kata tersebut memang tepat dan pas, sangat sopan dan bagus untuk membuat salam pembuka lamaran pekerjaan. Jika diperhatikan lebih lanjut, maka salam pembuka ini menjadi sesuatu yang pas dan tepat.

6. Pembuka Alinea

Biasa juga disebut alinea pembuka, yang harus diperhatikan adalah apakah seorang fresh graduate atau sudah memiliki banyak pengalaman dalam bekerja. Tulis secara singkat untuk menyampaikan keinginan untuk melamar lowongan pekerjaan yang dibutuhkan.

Dari alinea awal ini menjadi penghubung antara perkenalan awal dan cara untuk melamar pekerjaan yang dimaksud. Contoh dari alinea pembuka dapat dilihat berikut ini.

Dengan hormat,

Berdasarkan kebutuhan lowongan pekerjaan yang terdapat di situs perusahaan, saya siap bekerja keras dan bergabung dengan perusahaan. Kualifikasi yang saya miliki relevan dan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan dan lulusan di bidang administrasi yang sedang dibutuhkan dari universitas terpercaya.

7. Isi Surat

Adapun isi surat melingkupi identitas diri yang sesuai KTP dan domisili pelamar bersangkutan. Tak lupa juga alamat dan maksud serta tujuan kenapa melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Jangan lupakan lampiran sebagai pelengkap dalam sebuah lamaran pekerjaan.

Contoh surat lamaran pekerjaan untuk posisi administrasi serta lampiran sudah disinggung di awal. Mencakup ijazah, sertifikat, transkrip nilai dan kartu tanda pengenal. Dengan lampiran lengkap, recruiter akan menilik lebih jauh dan kemungkinan tertarik lebih besar.

8. Penutup

Penutup menjadi ending dari surat lamaran pekerjaan. Sebaiknya tulis yang bagus dan antusias untuk serius bergabung dengan perusahaan yang diinginkan. Tidak perlu terlalu terlihat ambisi tapi sarat keinginan bergabung.

9. Tanda Tangan dan Nama Terang

Yang terakhir adalah adanya nama terang dari pelamar dan tanda tangan pelamar. Hal ini menunjukkan bahwa surat lamaran yang Anda buat adalah sebenar-benarnya. Selain itu berkeinginan untuk lolos ke tahap berikutnya supaya dapat bergabung dengan perusahaan yang Anda tuju.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk Posisi Administrasi

Untuk contoh surat lamaran pekerjaan untuk posisi administrasi dapat Anda cari di internet. Di sana, ada banyak pilihan surat lamaran pekerjaan dan sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini contohnya:

Banyuwangi, 19 November 2021

Kepada Yth,
HRD PT. Zamrud Khatulistiwa
Jl. Raya Genteng No. 22
Jogjakarta

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang saya peroleh dari sistus resmi PT. Zamrud Khatulistiwa, yang menyatakan bahwa perusahaan yang Anda pimpin. Sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Staff Administrasi.

Untuk itu di sini saya ingin melamar pekerjaan pada posisi tersebut dan berikut ini saya ikut sertakan data diri saya:

Nama : Bryan Suandoko
Tempat, Tanggal Lahir : Banyuwangi, 22 April 1993
Jenis Kelamin : Laki-laki
Alamat : Jl. Daun Semanggi 99 No. 93, Banyuwangi
Pendidikan Terakhir : Jurusan Administrasi Niaga – Universitas 17 Agustus Banyuwangi
Telepon : 081-211-222-333

Saya juga menyertakan lampiran beberapa persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan sebagai pertimbangan:

1. Pas foto 3x4 berwarna terbaru (2 lembar)
2. Daftar Riwayat Hidup
3. FC KTP
4. Fotokopi Ijazah
5. FC sertifikat-sertifikat keahlian

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dan besar harapan saya agar Anda selaku HRD berkenan untuk mempetimbangkan saya agar bisa menempati posisi tersebut. Atas perhatian Anda, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Bryan Suandoko

Jangan Abaikan Ini Saat Menulis Lamaran

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pahami ketika menulis surat lamaran pekerjaan. Pemahaman ini Anda butuhkan agar Anda benar-benar mengerti apa kebutuhan lowongan pekerjaan tersebut. Jangan sampai salah paham dan keliru ketika menulis surat lamaran, point terpenting yaitu:
  • Baca lowongan informasi dengan jelas, jangan sampai salah alamat.
  • Tulis surat lamaran padat, singkat dan jelas tidak perlu bertele-tele.
  • Kadang, ada baiknya menuliskan nama secara personal saat membuat surat lamaran pekerjaan.
  • Membuat surat lamaran yang rapi dan bebas typo.
  • Baca ulang surat lamaran pekerjaan sebelum benar-benar Anda kirim ke perusahaan yang Anda tuju. 
Dengan teliti dan jelas maka akan meminimalisir kesalahan yang terjadi. Contoh surat lamaran pekerjaan untuk posisi administrasi tak membutuhkan waktu terlalu lama. Kalimat dan sistematikanya sama saja ketika menulis lamaran untuk pekerjaan lain, hanya beda tipis.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk Posisi Administrasi"