infiniteScrollNav : false, bacaJuga : true,
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah

Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah

Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah - Meskipun masih kuliah tak menghalangi sebagian mahasiswa untuk mencari pendapatan dengan magang. Magang atau kerja part time menjadi pilihan karena waktunya tidak full seharian. Hanya saja, perlu contoh CV mahasiswa yang masih kuliah untuk melamar pekerjaan paruh waktu ini.

Meskipun bukan bekerja secara penuh waktu, tetap saja sebelum masuk dunia kerja harus melamar terlebih dahulu. Dalam isi surat lamaran ini, tak terkecuali mencantumkan adanya curriculum vitae alias CV, berkas yang akan melengkapi lamaran pekerjaan.

CV Harus Menarik Minat Recruiter

Membuat CV memang mudah dan gampang di zaman digital ini, tapi berbeda di kalangan mahasiswa. Secara pengalaman tentulah belum begitu banyak daripada yang telah lulus dan mengirim beberapa lamaran kerja.

Salah satu hal terpenting dan utama adalah berkas harus menarik dalam sekali lihat dengan menggunakan CV. Untuk kelengkapan administrasi tanpa adanya data pribadi lengkap dan menarik, tak mungkin akan mendapat perhatian lebih.

Tidak perlu bertele-tele dalam membuatnya, yang terpenting adalah fokus dari isi untuk menggambarkan bagaimana Anda akan melamar sebuah pekerjaan. Dokumen ini merupakan file statis dengan isi tertentu sesuai kelengkapan data pribadi.

CV yang menarik haruslah benar tapi tidak terkesan kaku sehingga tetap nyaman dan enak dibaca oleh recruiter. Apabila terlalu kaku, malah kesannya tidak nyaman dan recruiter akan menilai yang membuat juga sekaku orangnya.

Cara dan Tips Membuat CV yang Benar

Bagi seorang mahasiswa, dalam membuat CV harus memperhatikan beberapa aspek berbeda dengan yang sudah lulus. Namun, tidak terlalu berbeda jauh dengan kebanyakan CV umumnya.

Contoh CV mahasiswa yang masih kuliah dapat Anda buat sebaik-baiknya jika tahu bagaimana cara membuatnya. Cek dengan tips sebagai berikut:
  • Data Diri
Data diri adalah hal penting untuk penulisan CV. Terangkum adanya nama dan data pribadi lainnya. Semua data yang ada merupakan yang terbaru dan bukan data lama yang akan merugikan diri sendiri.

Dari data diri ini recruiter akan dapat menimbang usia yang dibutuhkan sesuai atau tidak. Data ini merupakan awal dari kelengkapan data lainnya.
  • Jenjang Pendidikan
Dalam melamar pekerjaan, jenjang pendidikan akan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada sesuai lowongan yang ada. Meskipun masih dalam keadaan kuliah tidak masalah mencantumkan jenjang pendidikan akhir yang telah diselesaikan.

Kemudian tambahkan pula keterangan bahwa masih sebagai mahasiswa dan siap untuk melakukan pekerjaan paruh waktu. Dengan keterangan tersebut umumnya recruiter akan tertarik jika mereka benar-benar mencari seorang yang mampu bekerja secara paruh waktu.
  • Pengalaman Kerja dan Organisasi
Jika memiliki pengalaman kerja apapun, dapat ditulis sebagai poin tambahan. Misalkan saja pernah menjadi asisten dosen, pernah kerja di pabrik dan lain sebagainya. Jangan lupa pemberitahuan akan organisasi yang pernah diikuti baik itu skala kampus atau aktif di kemasyarakatan.

Pengalaman seperti ini membuat rekruter dapat menganalisa sejauh mana orang yang tepat untuk perusahaan. Meskipun masih mahasiswa jangan sungkan untuk menuliskan pengalaman kerja yang pernah dilakoni.
  • Menuliskan Media Sosial dan Blog
Zaman milenial telah mengubah kehidupan dengan pesat. Perlunya mencantumkan akun media sosial akan membuat recruiter bisa cek bagaimana media sosial yang dimiliki calon pekerjanya. Media sosial menjadi nilai tersendiri untuk perusahaan di hal-hal tertentu.

Contoh CV mahasiswa yang masih kuliah

Dengan menulis blog pribadi. Cek dan ricek blog secara langsung, rekruter mampu menilai dengan baik. Blog dengan isi bagus dan inspiratif dapat memberi nilai tambah yang belum tentu dimiliki calon pencari pekerja lain.
  • Desain Kreatif
Sebuah desain mampu menipu saat pertama kali orang melihatnya. Itulah yang bisa terjadi dengan memilih desain kreatif dan tidak membosankan.

Pilihan warna tertentu memang menarik orang untuk lebih mengetahui akan data diri secara keseluruhan. Perlu diingat, meskipun kreatif tetap tulisan harus terbaca dengan jelas tanpa gangguan desain.
  • Hobi
Siapa bilang hobi menjadi hal yang tidak penting dalam menulis sebuah CV? Hobi menjadi point tak kalah pentingnya ketika menuliskan data diri. Dari hobi, recruiter akan tahu apa kegiatan yang dilakukan selain belajar dan bekerja.

Karena status masih mahasiswa, keterkaitan antara hobi dan lowongan menjadi penting. Hal tersebut akan memudahkan recruiter mencari celah mana yang membuatnya tertarik mengundang Anda.
  • Membuat CV Sederhana dan Hindari Salah Ketik
Yang terakhir dan perlu menjadi perhatian membuat CV pilihlah yang paling sederhana. Tak perlu dengan berbagai warna mencolok yang malah bikin sakit mata orang yang membacanya. Tulis dengan singkat dan padat sehingga tepat sasaran.

Jangan lupa untuk menghindari salah ketik. Salah satu huruf bisa berakibat fatal dan terlihat kurang teliti dalam hal pekerjaan. Nilai yang kadang penting untuk diingat sebelum masuk ke dunia kerja yang sebenarnya.

Segala tips memang sebaiknya dipahami baik-baik agar hasil pembuatan CV tidak mengecewakan. Dengan membuat CV sebaik mungkin diharapkan ada panggilan khusus dan memberi kesempatan lebih luas.

Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah

Contoh CV mahasiswa yang masih kuliah yang baik dan bagus seperti apa, bisa Anda lihat dengan mudah di internet. Ada banyak pilihan desain yang menarik dan memang pas untuk para mahasiswa. Pemilihan desain untuk pembuatan CV juga menjadi hal penting agar lebih berkesan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh CV yang akan kami sediakan di bawah ini. Dengan desain berbeda, sederhana, tapi memang pas dan tepat. Tidak kuno, tapi juga tidak terlalu mencolok, nyaman dan tetap elegan. Simak desainnya siapa tahu bisa jadi referensi.

Desain 1

Desain ini hanya menggunakan dua warna saja dan tetap terlihat manis dan menawan. Dengan gaya kekinian tidak terlalu formal tapi juga tidak santai. Keterangan data juga lengkap sehingga pembaca langsung tahu data diri orang yang bersangkutan.

Sumber foto: 99.co

Desain 2

Desain contoh CV mahasiswa yang masih kuliah kedua ini dengan warna putih biasa saja, tapi tetap menarik dengan tata letak yang tidak rumit. Bikinnya juga mudah tidak perlu mendesain terlalu ribet. Hasilnya tetap elegan dan jelas untuk sebuah CV yang menarik.


Sumber Foto: 99.co

Desain 3

Melihat tata letaknya hampir mirip desain pertama, tapi warnanya saja yang berbeda. Pemilihan warna tepat dengan warna mencolok tetap manis dipandang. Orang yang membaca CV juga jelas tanpa ada gangguan terhadap warna yang dipilih.

Sumber foto: 99.co

Adanya banyak desain memungkinkan lebih banyak kreativitas yang muncul ketika membuat CV. Sebaiknya pilih yang sesuai karakter dan jangan terlalu terkesan ramai. Bagaimanapun juga CV menjadi jembatan utama pada rekruter untuk memutuskan lanjut dipanggil atau tidak.

Apabila semua administrasi dirasa lengkap dan baik, ada kelanjutan untuk lamaran kerja yang dikirimkan. Meskipun masih mahasiswa jangan pernah ragu memulai atau melamar pekerjaan baru. Semua membutuhkan proses untuk hasil terbaik.

Contoh CV mahasiswa yang masih kuliah dapat menjadi salah satu acuan untuk membuat lamaran terbaik. Agar apa yang Anda inginkan terlaksana dan menjadi pengalaman berharga di kemudian hari.

Posting Komentar untuk "Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah"