infiniteScrollNav : false, bacaJuga : true,
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Application Letter Bahasa Indonesia

Application Letter Bahasa Indonesia

Application Letter Bahasa Indonesia - Persaingan kerja yang semakin ketat membuat pelamar kerja harus cerdas dalam membuat lamaran pekerjaan. Sayangnya, membuat application letter yang benar kerap kali tersepelekan. Sebelum mengajukan lamaran kerja, sebaiknya kenali dan cara membuat application letter bahasa Indonesia yang pas.

Penulisan application letter yang tepat bisa menjadi salah satu bentuk penilaian keseriusan dalam mencari pekerjaan. Bagi yang ingin mendapatkan pekerjaan impiannya, yuk pahami terlebih dahulu hal seputar application letter.

Mengenal Application Letter

Pengertian application letter berdasarkan Cambridge Dictionary adalah surat lamaran kerja yang ditulis calon pekerja dan ditujukan pada sebuah perusahaan.

Lebih detailnya, surat tersebut ditujukan pada divisi perekrutan karyawan yaitu Human Research and Development (HRD). Beberapa perusahaan juga menyerahkan tugas perekrutan pada bagian personalia.

Manfaat Application Letter Bagi Perusahaan

Sebelum merekrut pekerja, tentunya perusahaan ingin mengenal terlebih dahulu calon pekerjaannya. Dengan membuat application letter bahasa Indonesia yang baik, perusahaan bisa mengetahui identitas dan kualifikasi pelamar.

Tidak hanya itu, pihak HRD juga ingin mengetahui posisi mana yang Anda inginkan. Adapun untuk detail tentang skill dan pengalaman kerja bisa Anda lihat melalui CV yang terlampir.

Tujuan Application Letter

Sebenarnya, apa sih tujuan application letter sehingga pelamar perlu membuatnya? Sebenarnya, hal ini sudah menjadi bagian dari tahap perekrutan. Oleh karena itu, setiap pelamar harus mengikutinya dengan benar. Baik dari segi penulisan maupun esensi yang ada di dalam application letter tersebut.

Adapun tujuan application letter ini adalah agar setiap pelamar memiliki kesempatan untuk di interview. Maka tak heran surat lamaran kerja ini harus ditulis dengan baik sehingga tidak boleh asal-asalan.

Dengan application letter yang benar, kamu akan terlihat serius dalam melamar posisi pekerjaan yang diinginkan.

Membuat Application Letter Bahasa Indonesia yang Baik

Memang tidak bisa dipungkiri, membuat application letter merupakan salah satu langkah melamar kerja yang harus diperhatikan. Apalagi jika posisi yang dilamar dikenal banyak peminatnya. Oleh karena itu, setiap pelamar harus serius agar pihak HRD melirik application letter yang dibuat.

Pembuatan application letter yang asal-asalan bisa membuat lamaran kerja pelamar di-skip begitu saja. Tentunya, tidak ada calon pekerja yang ingin hal ini terjadi. Oleh karena itu, buatlah application letter yang baik agar perusahaan tertarik untuk mengundang Anda ke tahap interview atau tes tulis.

Bagian-Bagian Application Letter

Kerap kali sepelekan, penulisan application letter sebenarnya cukup mudah. Pelamar harus mengetahui detail apa saja yang harus dituliskan. Dengan demikian, kesempatan lamaran kerja dilirik HRD pun semakin besar.

Adapun dalam pembuatan application letter, berikut format detail yang harus diperhatikan.

1. Heading (Kepala Surat Lamaran)

Bagian pertama yang perlu diperhatikan dalam penulisan application letter adalah heading. Pada bagian ini, pelamar perlu menuliskan informasi yang detail mengenai identitas. Misalnya ketika menuliskan nama, pastikan nama lengkap ya.

Untuk alamat, tuliskan secara rinci yang meliputi nama daerah, kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, beserta kode posnya. Begitupun ketika mencantumkan kontak, pastikan nomor telepon dan alamat emailnya aktif ya.

Pada baris berikutnya, silahkan tulis tanggal dan di bawahnya nama/divisi perekrut dari perusahaan yang dilamar.

2. Subjek

Bagian ini perlu Anda tuliskan terutama ketika kamu mengirimkan application letter bahasa Indonesia via email. Jangan lupa tuliskan posisi pekerjaan yang Anda lamar, beri garis bawah lalu nama lengkap. Contohnya: Staff Administrasi_Adelia Ananda.

Namun, penulisan subjek ini kerap kali ditentukan oleh pihak perusahaan. Oleh karena itu, pelamar tinggal menyesuaikannya saja dalam penulisan subjek ini.

3. Greeting (Kalimat Sapaan)

Penulisan application letter berikutnya adalah memberikan greeting atau kalimat sapaan. Jika pelamar mengetahui nama pihak HRD, bisa menuliskan Bpk/Ibu berikut nama perekrut. Sedangkan jika tidak mengetahuinya, cukup tuliskan HRD lalu berikut nama perusahaan.

4. Body of Letter (Badan Surat)

Pada paragraf pertama, silahkan tuliskan tujuan mengapa membuat application letter tersebut. Sebutkan posisi pekerjaan yang Anda inginkan dan bagaimana mendapatkan informasi lowongan pekerjaan terkait.

Selanjutnya pada paragraf kedua, sebutkan hal yang ditawarkan pada perekrut. Misalnya dengan tentang kesesuaian minat, kemampuan, dan pengalaman yang Anda miliki. Sebutkan alasan mengapa Anda pantas menempati posisi pekerjaan yang Anda tuju.

5. Signature (Tanda Tangan)

Penulisan signature pada application letter tentu harus memiliki kesan yang sopan. Misalnya dengan menuliskan Hormat saya lalu sertakan juga tanda tangan dan nama jelas di bawahnya.

Contoh Application Letter Bahasa Indonesia

Agar lebih mudah memahaminya, berikut merupakan contoh penulisan Application letter bahasa Indonesia yang bisa menjadi referensi.

Bogor, 16th November, 2021

Kepada
Bpk/Ibu HRD PT Pharmatic Indojaya
Di
Jakarta Barat

Dengan hormat,

Sehubungan informasi lowongan kerja yang ada di PT Pharmatic Indojaya, Saya berminat melamar sebagai Quality Control. Nama saya Adelia Ananda, 24 tahun memiliki kondisi kesehatan yang bagus dan energik. Saya lulus dari Universitas Indonesia tahun 2016 jurusan Farmasi.

Saya sudah memiliki pengalaman selama empat tahun sebagai Staff Laboratorium di PT Kimia Farma. Selama bekerja di perusahaan tersebut, Saya memberikan seringkali memberikan kontribusi dan inovasi.

Saya berharap pengalaman dan minat di bidang Farmasi yang saya miliki bisa semakin berkembang di PT Pharmatic Indojaya. Semoga dengan pengalaman dan kemampuan saya membuat Bpk/Ibu meluangkan waktu sejenak memeriksa CV yang terlampir.

Hormat Saya,


Adelia Ananda

Tips Menulis Application Letter

Menulis application letter merupakan langkah awal yang harus Anda perhatikan. Jika menuliskannya secara asal, bagaimana pihak HRD akan melirik CV yang terlampir? Oleh karena itu, penting untuk setiap pelamar mengetahui bagaimana membuat application letter bahasa Indonesia yang baik.

Hal ini tidak hanya penting untuk fresh graduate, melainkan pelamar lainnya yang sudah pernah bekerja sebelumnya. Pada dasarnya, kita tidak pernah tahu apakah perusahaan yang tersebut cukup teliti atau tidak ketika memeriksa application letter.

Oleh karena itu, kami sarankan untuk menuliskan application letter sebaik mungkin. Dengan demikian, kemungkinan CV mendapatkan perhatian akan semakin besar. Berikut beberapa tips penulisan application letter yang bisa Anda ikuti.

Tulis Nama Perusahaan

Hal ini akan memberikan kesan lebih individual serta pelamar terlihat bersungguh-sungguh dalam mengaplikasikan lamaran kerja. Pada bagian heading, jangan lupa tuliskan nama dan jabatan spesifik pihak perekrut jika mengetahuinya.

Jangan Bertele-Tele

Hindari bertele-tele ketika menuliskan application letter bahasa Indonesia. Gunakan kalimat yang mudah mereka pahami dan jangan terlalu panjang.

Tulis secara Rapi

Ketika menuliskannya menggunakan program komputer, pastikan Anda sudah membuatnya secara rapi. Misalnya menggunakan font yang serupa, jarak yang sesuai, dan rata kiri-kanan. Begitu pula ketika membuat application letter dengan tulis tangan, tetap perhatikan kerapihan ya.

Perhatikan Isi

Perhatikan pada bagian isi atau badan application letter. Pastikan pelamar memperkenalkan diri dengan baik dan singkat. Ungkapkan minat, pengalaman, dan alasan mengapa cocok berada di posisi pekerjaan tersebut. Hindari penulisan informasi yang tidak ada relevansinya dengan pekerjaan.

Dengan menuliskan application letter bahasa Indonesia yang tepat, kesempatan untuk mengikuti tes tulis atau wawancara semakin besar. Oleh karena itu, hal ini sebaiknya tidak Anda sepelekan untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan.

Posting Komentar untuk "Application Letter Bahasa Indonesia"