infiniteScrollNav : false, bacaJuga : true,
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan - Apakah kamu sempat kesulitan menulis lamaran kerja. Karena perusahaan tujuan meminta anda untuk menuliskan surat lamaran langsung tulis tangan. Tanpa mengetik lewat komputer. Sebagian dari kita pasti pernah mengalami hal tersebut apalagi kalau baru lulus dari sekolah. Untuk itu, contoh surat lamaran kerja tulis tangan sangat perlu sebagai patokan kita membuat surat pengajuan kerja.

Namun, sebelum kita masuk pada inti pembahasan kali ini. Ada baiknya, Anda pahami juga mengenai beberapa alasan. Serta, tips cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar supaya bisa diterima pada perusahaan.

Kelebihan Lamaran Kerja Tulis Tangan

Pasti anda bertanya kenapa sih masih ada perusahaan memberikan syarat surat lamaran harus menggunakan tulisan tangan. Nah, hal tersebut bukan semata untuk menyulitkan calon kandidat. Pasalnya, menurut pihak HRD.

Dengan Tulisan tangan tersebut bisa memberikan penilaian awal terhadap karakter calon karyawan. Yang akan bekerja pada kantor tersebut. Atau istilahnya mampu membaca psikologi pelamar.

Seperti, dapat menilai apakah calon karyawan cenderung emosional atau tidak, keuletan dalam bekerja, mudah bergaul, mampu bekerja dengan team. Selain itu, dari tulisan tangan tersebut, pihak HRD juga bisa mengetahui tentang sifat karyawan dalam bekerja.

Contohnya, apakah anda dapat bekerja dibawah tekanan. Mampu menyelesaikan solusi ringan dan berat dalam perusahaan. Hingga mampu mencapai target atau tidak.

Karena hal menyangkut penilaian awal serta karakter dari calon kandidat inilah. Menjadi alasan kenapa saat era digital sekarang ini masih banyak perusahaan memberikan syarat. Untuk itu juga, kita akan memberikan Contoh surat lamaran kerja tulis tangan untuk anda.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Nah, karena kita sudah tahu pentingnya Contoh surat lamaran kerja via tulis tangan. Karena merupakan syarat utama dan penilaian awal perusahaan terhadap diri anda. Tentu, kita pun gak boleh menulis surat tersebut secara asal.

Justru, sebaliknya, kita semua harus menulisnya secara baik, benar dan penuh ketelitian. Buat memudahkan anda dalam menulis surat resume ini. Berikut juga kami berikan beberapa tips penting. Faktor pertama yang perlu Anda ingat saat hendak tulis tangan surat lamaran kerja, yakni sebagai berikut.
  • Menggunakan bahasa Indonesia yang baku, sesuai dengan KBBI.
  • Format tulisan rapi.
  • Menuliskan seluruh bagian surat lamaran resmi.
  • Kertas yang digunakan untuk menulis surat lamaran.
Tahap berikutnya, adalah beberapa hal yang perlu Anda siapkan nih sebelum menulis surat lamaran kerja langsung via tulis tangan. Seperti beberapa poin berikut ini.

1. Siapkan Kertas Folio Bergaris

Dalam pembuatan lamaran kerja via tulis tangan kita pun gak boleh sembarangan menggunakan kertas, loh. Pasalnya, ada aturan tersendiri supaya surat yang kamu buat adalah resmi. Yakni, pada pemilihan tipe kertasnya.

Jangan gunakan kertas hasil sobekan buku, kertas ukuran A4, dan HVS. Melainkan saat ingin menulis surat pengajuan kerja. Anda wajib menyiapkan beberapa lembar kertas folio bergaris. Karena, ini merupakan persyaratan wajib dalam pengajuan lowongan kerja pada setiap perusahaan.

2. Gunakan Pulpen Warna Hitam dan Jangan Ada Coretan

Kedua, kita juga harus memperhatikan pulpen yang digunakan saat menulis surat resmi ini, ya. Serta, jangan sampai kamu tulis tangan surat lamaran kerja menggunakan pensil. Karena hal tersebut jelas akan ditolak oleh HRD.

Nah, ketentuan utama dalam contoh surat lamaran kerja tulis tangan adalah penggunaan pulpen dengan tinta hitam. Serta, ketika kamu menuliskannya menggunakan pulpen hitam. Perhatikan juga cara penulisannya, ya. Gak perlu terburu-buru lakukan dengan santai.

Supaya, hasil tulisan anda rapi dan enak dibaca. Dan jangan sampai ada coretan pada surat yang Anda buat. Pasalnya, itu menjadi pengaruh besar terhadap penilaian perusahaan terhadap diri anda. Kalau, sekiranya tidak sengaja membuat coretan. Lebih baik menulis ulang pada kertas folio baru.

3. Perhatikan Urutan Bagian Surat Lamaran Resmi

Dalam penulisan surat lamaran juga tidak boleh secara asal. Kita harus membuatnya sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Mulai dari setiap bagian surat tersebut, harus kita tulis sesuai urutan yang benar. Dan berikut ini adalah format penulisan lamaran tulis tangan yang benar dan sesuai dengan kaidah umum.
  • Tempat dan tanggal pembuatan surat pengajuan kerja. Contohnya seperti ini. Jakarta, 22 November 2021.
  • Salam hormat, pimpinan perusahaan, nama perusahaan, dan lokasinya.
  • Salam pembuka dan kata pengantar.
  • Biodata diri pelamar.
  • Pengalaman kerja, kemampuan, dan alasan kenapa kamu mengajukan pekerjaan pada posisi tersebut.
  • Sebutkan berkas pendukung surat lamaran. Seperti CV atau daftar riwayat hidup, foto copy KTP, SIM, BPJS, SKCK, Ijazah, dan lainnya.
  • Penutup surat.
  • Salam hormat dan tanda tangan beserta nama jelas.
Dengan begini, Anda sudah paham betul kan mengenai tata cara dan urutan penulisan surat lamaran baik dan benar. Jadi, selalu terapkan poin penting ini dan beberapa poin sebelumnya, ya. Supaya surat pengajuan kerja buatan Anda jauh lebih menarik dan bisa diterima oleh perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Akhirnya, kita masuk ke pembahasan inti, yakni soal contoh surat lamaran kerja tulis via tangan. Namun, kali ini kami tidak akan memberikan contoh langsung. Seperti foto hasil tulisan tangan untuk surat lamaran kerja.

Melainkan, contoh format penulisannya. Sehingga, kamu bisa ikuti contoh berikut ini. Dan langsung mempraktekkannya dengan langsung via tulis tangan.
Lampiran : 1 Berkas 

Surabaya, 18 November 2021.
Kepada Yth,
Bapak/Ibu HRD
PT Sentosa Bahagia
Surabaya


Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan pada surat ini lamaran ini:
Nama : Antony Putra
Tempat/tanggal lahir : Jakarta, 19 Agustus 1997
Pendidikan terakhir : SMK Jurusan Teknik Otomotif
Alamat : Jl. Desa No. 18, Surabaya, Jawa Timur.
Nomor Telepon : 0812-3456-7890.
Alamat Email : abcdefg_123@gmail.com

Dengan ini saya mengajukan permohonan kerja kepada Bapak/Ibu HRD dan pimpinan perusahaan. Untuk menerima saya sebagai karyawan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai pertimbangan berikut ini saya lampirkan berkas pendukung :
  1. Fotocopy Ijazah terakhir.
  2. FC KTP.
  3. Foto Copy
  4. FC SKCK.
  5. Foto Copy
  6. Curriculum Vitae.
Demikian surat permohonan ini saya sampaikan kepada Bapak/Ibu HRD dan pimpinan perusahaan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.


Hormat saya,



(tanda tangan)
Antony Putra
Begitulah, kiranya contoh penulisan lamaran kerja sesuai dengan prosedur dan permintaan perusahaan. Dengan adanya patokan tersebut. Kini anda gak kebingungan lagi saat hendak menulis surat lamaran via tulis tangan. Dengan begini, kalian cukup ikuti format berikut dan sedikit modifikasi supaya pihak perusahaan semakin tertarik dengan diri Anda.

Baiklah itu dia contoh lamaran kerja menggunakan tulis tangan. Sekali lagi, dalam pembuatan surat tersebut. Pastikan kamu memperhatikan poin penting, Seperti format penulisan, kertas dan pulpen yang digunakan. Urutan penulisan, kerapihan dan gaya penulisan bisa dibaca oleh HRD perusahaan.

Sekian dari kami artikel informatif perihal contoh surat lamaran kerja tulis tangan. Semoga bisa membantu kamu dalam membuat surat lamaran untuk pekerjaan sesuai minat Anda.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan"