infiniteScrollNav : false, bacaJuga : true,
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Sikap Pada Saat Interview Kerja Di Masa Pandemi

cara interview yang baik agar diterima

Sesi wawancara kerja adalah sesi yang menegangkan bagi kita. Sesi dimana kita dihadapkan langsung oleh HRD dan pejabat penting dari sebuah perusahaan. Hrd menilai beberapa aspek saat interview kerja. Diantaranya sikap saat interview, cara bicara, bahasa tubuh dan ketepatan dalam menjawab pertanyaan.

Interview kerja sangatlah krusial, banyak sekali orang yang telah lolos tahap tes tertulis, namun gagal pada saat interview kerja, padahal sudah menerapkan cara interview yang baik dan benar, bahkan sudah menjawab semua pertanyaan dengan tepat. 

Jawaban yang baik dan tepat, belum tentu bisa membuatmu lolos dalam tahap interview kerja. Mungkin kamu kurang menjaga sikap saat interview kerja atau ada hal lain yang kamu lakukan secara tidak sadar saat proses interview kerja.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tips sikap yang perlu dilakukan saat wawancara kerja.

Cara menjaga sikap pada saat interview kerja

1. Jaga pandangan mata

Menjaga pandangan mata saat interview kerja sangat lah penting, karena menjaga pandangan adalah ciri-ciri seseorang antusias dan menghargai lawan bicaranya. Gerakan mata juga memiliki arti, bahkan ada orang yang mengatakan bahwa, seseorang bisa saja berkata berbohong tapi tidak dengan pola matanya.

Menjaga pandangan mata bukanlah hal yang mudah, apalagi lawan bicaramu adalah orang yang penting dan orang yang mungkin belum pernah kamu lihat. Perlu kebiasaan dan belajar untuk menguasai pandangan mata yang baik.

Jika kamu tidak terbiasa fokus dan menghargai lawan bicaramu, aku yakin pasti pandangan matamu akan kemana-mana. Maka dari itu usahakan untuk terus belajar menjaga pandangan mata dengan lawan bicaramu.

Cobalah untuk mengamati seorang mentor atau seorang yang sedang berbicara dengan lawan bicaranya. Kamu bisa belajar lewat youtube dengan kata kunci etika berbicara ketika tes wawancara kerja. 

2. Menjaga sikap dan cara duduk

Ketika kamu akan masuk kedalam ruangan interview, pasti ada perasaan grogi atau terlalu bersemangat saat akan menghadapi proses seleksi. Saat perasaan grogi, kamu dapat memposisikan diri senyaman mungkin dan tetap professional.

Pada saat duduk usahakan tidak menggunakan tangan untuk menopang dagu atau menutupi mulut. Letakkan tangan dengan posisi tertutup di atas paha, jangan melakukan gerakan-gerakan tidak terkontrol, seperti garuk-garuk atau yang lainnya. Duduk dengan tenang dan posisikan dirimu senyaman mungkin.

 3. Jaga Konsentrasi

Saat sesi interview, tetaplah untuk menjaga fokus karena pewawancara tidak mungkin diam saja. Pewawancara pastinya akan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkadang membutuhkan konsentrasi tinggi untuk memahami maksudnya.

Menjaga konsentrasi tidak bisa dengan cara yang instan. Kamu perlu menyiapkan diri agar kamu bisa mempertahankan sikap konsentrasi, seperti menjaga pola tidur yang baik, konsumsi makananan yang cukup, dan hindari minum atau makan yang memabukkan.

4. Tetap Memakai Masker dan Hindari Berjabat Tangan

Pada saat pandemi Covid-19 ini sangat tidak disarankan, bahkan samapi dilarang bagai kita untuk berjabat tangan kepada seseorang yang baru kita kenal bahkan dengan teman kita sendiri. Karena berjabat tangan bisa menyebabkan kamu tertular penyakit Covid-19 walaupu dia sehat.

Kita pada posisi ini cukup gabungkan kedua telapak tangan kita dan posisikan di atantara bahu kita atau di tengah-tengah dada, hal ini sebagai pengganti jabat tangan, dan hal ini dapat memberikan kesan kamu sangat sopan dan menghormati pewawancara. 

Hal ini merupakan sikap yang perlu dilakukan saat wawancara kerja agar kamu bisa lolos ke tahap selanjutnya. 

Bagaimana tata krama saat interview kerja yang pernah kamu lakukan? ada hal lucu atau yang berkesan saat interview kerja? Coba share di kolom komentar ya. Kita tulis secuil pengalaman kita, In Sya Allah akan bermanfaat bagi teman-teman seperjuangan. 

Posting Komentar untuk "Cara Menjaga Sikap Pada Saat Interview Kerja Di Masa Pandemi"