infiniteScrollNav : false, bacaJuga : true,
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips mengerjakan skripsi sambil kerja

Tips Mengerjakan Skripsi

Sebenarnya, mengerjakan skripsi itu membutuhkan fokus yang tinggi. Susah rasanya jika harus dilakukan bersamaan dengan kegiatan lain apalagi bekerja. Namun jika sudah terlanjur bekerja dan tetap harus menyelesaikan skripsi, coba deh lakukan beberapa tips berikut ini.

1. Atur waktu sebaik mungkin

Yang paling penting dilakukan agar skripsi selesai dan kerjaan lancar adalah bagaimana kamu bisa mengatur waktu sebaik mungkin. Dengan pengaturan waktu yang baik, memudahkan kamu kedepannya untuk melakukan berbagai hal. Coba deh bagi waktu kamu ke beberapa bagian seperti ini:

Waktu untuk mengerjakan skripsi

Skripsi butuh fokus. Namun tidak perlu fokus 24 jam sehari, cukup luangkan beberapa jam waktu kamu untuk benar-benar fokus ke skripsi, jangan lakukan hal lain yang bisa mengganggu fokus kamu di waktu ini. Ambil 4 – 6 jam sehari untuk mengerjakan skripsi.

Waktu bekerja

Bekerja pada umumnya hanya 8 jam sehari. Namun jika ditambahkan dengan perjalanan pulang dan pergi, totalnya mungkin bisa 10-12 jam dalam sehari. Pada waktu ini biarkanlah diri kamu untuk bekerja, jangan pikirkan skripsi. Tapi jika kamu pandai membagi fokusmu, sesekali membaca bahan referensi skripsimu disaat sedang senggang di kantor ya tidak masalah.

Waktu beristirahat

Istirahat yang cukup membuat badan sehat dan bugar sehingga semuanya menjadi lancar. Karena jika kamu tidak memberikan waktu untuk istirahat yang cukup maka akan menimbulkan rasa lelah yang justru berbahaya bagi kesehatan.

Secara sederhana, pembagian waktu untuk kerja, skripsi dan istirahat bisa dilakukan seperti ini; 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk skripsi, dan 8 jam untuk istirahat. Dengan membagi waktu, kamu pasti bisa mengerjakan semua hal dengan baik.

2. Jaga kesehatan
Tips Mengerjakan Skripsi
Mengatur waktu untuk beristirahat merupakan bagian dari menjaga kesehatan. Hal lainnya adalah mengatur pola makan kamu. Apalagi setelah melakukan banyak aktivitas yang menghabiskan banyak tenaga. Kamu harus bisa mengatur dan cerdas dalam memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh. Alasannya adalah tubuh sudah bekerja ekstra membutuhkan asupan vitamin yang baik. Jika kamu asal pilih saja, bisa jadi membuatmu jatuh sakit.

Tidak terlambat makan dan memilih mengkonsumsi makanan yang kaya manfaat akan membantu tubuh terus berada pada kondisi terbaik hingga semua aktivitasmu berjalan lancar.

3. Bersikap jujur
Tips Mengerjakan Skripsi
Mungkin saja saat baru masuk bekerja, kamu belum dihadapkan dengan skripsi. Sehingga kamu tidak enak untuk mengatakan ke atasan kamu. Hal ini yang justru akan menguras energi kamu, harus memikirkan bagaimana caranya mengerjakan skripsi tanpa diketahui oleh orang kantor. Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya kalau kamu jujur mengatakan bahwa kamu sedang mengerjakan skripsi, bicarakan baik-baik dengan atasan kamu agar bisa menegosiasikan kebijakan yang akan diambi ke depannya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk jujur kepada dosen pembimbing kamu. Sebisa mungkin bersikap terbuka agar bapak dosen pembimbing mengerti keadaan kamu. Siapa tahu, kamu diperbolehkan untuk melakukan bimbingan melalui email dan mengurangi bertemu langsung.

Kejujuran pasti mendatangkan hal yang baik. Jangan takut untuk berbicara kepada kantor ataupun dosen pembimbing, bisa jadi dengan jujur, kamu akan menemukan solusi-solusi dalam mengerjakan skripsi sambil bekerja.

4. Part time atau full time

Kerja part time atau paruh waktu lebih memudahkan kamu untuk mengerjakan skripsi dibanding kerja full time. Apalagi bekerja bagi mahasiswa pada umumnya bukan karena masalah finansial melainkan tentang pengalaman sebagai modal setelah lulus. Jika seperti ini, usahakanlah cari pengalaman kamu dengan pekerjaan part time.

Ambil saja pekerjaan yang hanya membutuhkan waktu kerja 4-6 jam dalam sehari. Sehingga kamu bisa mendapatkan tambahan uang dan pengalaman serta memiliki waktu lebih banyak untuk mengerjakan skripsi.

Namun jika kamu bersikeras mengambil pekerjaan full time agar mendapatkan pengalaman atau uang yang lebih besar, kamu harus siap untuk menghadapi resikonya. Berkurangnya waktu untuk mengerjakan skripsi dan istirahat.

5. Harus Disiplin!

Yang paling penting dalam menyelesaikan skripsi sambil bekerja adalah kedisiplinan. Hal yang mungkin mudah dilakukan namun pada kenyataannya sangat sulit untuk dijalankan. Tanpa adanya kedisiplinan, maka semua jadwal dan perencanaan yang sudah kamu susun tidak akan mampu kamu penuhi dengan baik. Tanamkan dalam diri kamu, bahwa disiplin adalah suatu hal yang wajib dilakukan jika kamu ingin berhasil.

Mengerjakan skripsi dan bekerja memang bukanlah hal yang mudah. Keduanya butuh tenaga dan pikiran yang ekstra. Namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Selama kamu memiliki niat yang kuat, mau berusaha, dan keyakinan yang tinggi semua hal pasti bisa terlaksana.

Semoga tips-tips ini bisa membantu kamu menyelesaikan skripsi sambil bekerja. Selamat mengerjakan dan jangan lupa berdoa! Semoga berhasil. Amin. Jika kalian membutuhkan bantuan terkait skirpsi, kti, atau tugas akhir sekolah bisa menghubungi saya via telegram @gedungkerjaku_id.

Posting Komentar untuk "Tips mengerjakan skripsi sambil kerja"