Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjawab Pertanyaan Apa Kelemahan Anda Pada Saat Interview Kerja

Apa kelamahan anda

Gedung kerjaku - Bagaimana ya menjawab pertanyaan apa kelemahan anda pada saat wawancara kerja? Beuuhhh pertanyaan yang sulit bukan. Nah, agar interview kerja berjalan dengan lancar dan tanpa perasaan kurang mantap saat menjawab pertanyaan, alangkah baiknya teman-teman menyiapkan jawaban dari sekian banyak pertanyaan dari HRD.

Bagi teman-teman yang sedang mencari pekerjaan, gedung kerjaku akan membagikan sebuah tips untuk menjawab beberapa dugaan pertanyaan yang akan muncul ketika interview atau wawancara kerja. Apa pertanyaan tersebut yang akan kita bahas? Pertanyaannya adalah Apa kelemahan anda? atau Apa kelemahanmu?.

Nah, bagaimana untuk menjawabnya? apa harus merendah atau teman-teman malah bingung mau menjawab apa. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah cara menjawab pertanyaan apa kelemahan anda pada saat interview kerja.

Apa kelemahan anda?

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang apakah kelemahan anda, alahkah baiknya teman-teman juga menerapkan 4 poin penting saat wawancara kerja yang akan saya bahas dibawah ini.

- Harus Jujur

Pada saat teman-teman mendapatkan berbagai tembakan pertanyaan saat interview kerja. Teman-teman harus tetap menjawab dengan jujur, jelas, dan padat. Hindari untuk memoles atau merangkai kata-kata agar terlihat "wah" atau terlihat mengagumkan di mata HRD. Jangan sampai teman-teman menjawab pertanyaan dari HRD dengan judes juga lho ya.

Ingat, teman-teman sedang berjuang untuk memikat hati hrd agar teman-teman diterima diperusahaan tersebut. Tetaplah jawab dengan ramah, dengan intonasi yang jelas dan tidak bertele-tele.

- Menjawab Setiap Pertanyaan

Hindari bersikap terlalu rendah diri atau arogan pada saat menjawab pertanyaan apa kelemahan anda. Jangan rendah diri atau malu ketika menyampaikan kekurangan yang ada pada diri teman-teman, jawablah dengan jujur agar HRD atau pewawancara bisa mengetahui lebih dalam profil calon kandidatnya.

Jangan sampai teman-teman tidak menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD tersebut, bahkan malah bilang kalau saya tidak memiliki kelemahan saat interview berlangsung ya.

- Memilih Jawaban yang Benar

Jika ditanya apa kelemahan anda pada saat interview kerja, cobalah untuk flashback melihat informasi lowongan kerja yang kamu lamar tersebut. Cobalah untuk fokus menjawab kelemahan yang ada pada diri teman-teman. Dan, pertimbangkan dampak agar tidak terlalu berarti di setiap jawaban yang teman-teman ucapkan terhadap lowongan pekerjaan yang teman-teman lamar.


Cara menjawab pertanyaan apa kelemahan anda.

Pada saat teman-teman berada di posisi ingin menyampaikan jawaban ketika ditanya apa kelemahan anda. Gedungkerjaku hanya ingin menekankan agar teman-teman selalu ingat beberapa hal penting ini. Pada saat ditanya soal kekurangan, tetaplah untuk menjawab sejujur-jujurnya. Tetapi, teman-teman juga harus memoles jawaban agar menjadi kelebihan.

Terkadang HRD itu mematok jumlah kekurangan yang ada dalam diri kita, maksudnya gimana?. Maksudnya HRD bertanya berdasarkan jumlah yang dia inginkan. Contoh sebutkan 5 kekurangan anda. Karena hal inilah yang biasanya akan timbul sebuah pertanyaan pada dalam diri kita bagaimana cara menjawab pertanyaan interview apa kelemahan anda.

Bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut? Caranya adalah dengan menyampaikan kekurangan serta solusi dari dalam diri teman-teman untuk mengatasi kelemahan tersebut.

1. Belum punya pengalaman

Jika teman-teman masih fresh graduate atau bisa disebut belum memiliki banyak pengalaman kerja. Teman-teman pasti kaget dan bingung saat akan menjawab sebuah pertanyaan apa kelemahanmu?. Coba sebutkan apa yang menjadi kelemahan anda.

Jangan panik ya teman-teman, jawablah pertanyaan tersebut dengan memperlihatkan ketertarikan atas pekerjaan yang teman-teman lamar. Teman-teman bisa menjelaskan tentang langkah-langkah yang pernah teman-teman ambil untuk menunjang karir.

Contoh: Teman-teman pernah mengikuti seminar digital marketing untuk menunjang karirmu sebagai digital marketing.


2. Kurang sabar

Jika ditanya apa kelemahan anda dan teman-teman memiliki kekurangan di bagian kesabaran. Nah, ini yang namanya menyelam sambil minum air. Ketika teman-teman memiliki kekurangan dalam hal kesabaran, teman-teman bisa menggunakan kekurangan tersebut sebagai senjata ampuh untuk memikat hati HRD atau pewawancara.

Caranya: Saya adalah orang yang kurang sabar ketika melakukan pekerjaan, nah dari kekurangan tersebut kita bisa menambahkan. dari kekurangan tersebut saya sering ingin cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan yang diberikan kepada saya dengan cara membuat list apa yang harus saya kerjakan.

Dengan demikian pasti kekurangan teman-teman akan menjadi kekurangan diri yang positif.


3. Kurang rapi

Jika teman-teman bukanlah orang yang memiliki kerapian, baik kerapian diri atau lingkungan. Teman-teman bisa mengakali kekurangan ini, dan memutarkan kekurangan tersebut menjadi kelebihan.

Caranya jawabnya gimana ya? Jawablah dengan cara menjawab bahwa saya tidak pernah menata pesan masuk di email saya. Dan katakan kepada hrd bahwa, teman-teman selalu membersihkan atau merapikan pesan email atau lingkungan kerja setidaknya 4 hari sekali.

Contoh jawaban interview apa kelemahan anda diatas terbukti bisa mengurangi tingkat kenegatifan kekurangan yang ada pada diri teman-teman.


4. Kurang percaya diri

Kurangnya kepercayaan diri ini sering terjadi kepada kita yang minim sekali pengalaman dan minim ilmu pengetahuan. Sifat ini nyatanya dapat menghambat suatu pekerjaan dan akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

Contoh: Pada saat rapat teman-teman lebih memilih diam ketimbang harus menerima penolakan jika mengungkapkan ide.

Jika teman-teman termasuk orang yang kurang percaya diri, alangkah baiknya teman-teman memoles kekurangan tersebut agar tidak terlihat begitu mengganggu pada saat teman-teman bekerja.

Teman-teman bisa mengikuti kursus atau pembelajaran public speaking untuk menambah kepercayaan diri. Nah, dengan begitu apa kelemahan anda dalam bekerja tersebut sudah agak tidak menonjol dan tidak begitu menjadi masalah besar ketika teman-teman diterima di perusahaan tersebut.


5. Kurang bisa mempercayai orang lain

Apa kelemahan anda? Jika pada pertanyaan seperti ini teman-teman menjawab dengan kesulitan mempercayai orang lain, pastikan teman-teman tidak condong menjawab ke arah yang negatif. Sampaikan dengan tenang dan hati-hati agar tidak menimbulkan kesan yang jelek.

Poleslah jawabanmu dengan demikian, Sifatku ini timbul jika saya berhadapan dengan orang asing atau orang yang belum ku kenal secara dalam.


6. Gampang Kecewa

Jika teman-teman memiliki sifat yang gampang kecewa, pastikan rasa kekecewaan yang sering muncul di dalam diri teman-teman tidak berkaitan dengan performa kerja. Teman-teman bisa menjelaskan kekurangan ini dengan Saya mudah kecewa jika saya gagal atau kurang maksimal ketika melakukan suatu pekerjaan.


Nah demikian artikel saya kali ini tentang apa kelemahan anda. Semoga artikel saya ini bermanfaat dan menjadikan sebuah kelemahan yang tidak menjatuhkan, sehingga teman-teman bisa dianggap orang yang profesional dan bukan orang yang bisa diremehkan.

Nyari kerja? ya di gedung kerjaku aja!

Posting Komentar untuk "Cara Menjawab Pertanyaan Apa Kelemahan Anda Pada Saat Interview Kerja"