Cara Membuat CV Menarik Untuk Melamar Kerja
Gedung kerjaku - Curriculum Vitae atau sering disebut CV adalah daftar riwayat hidup yang memberikan informasi tentang diri kamu. Informasi yang sering tercantum dalam saat membuat CV lamaran kerja itu sendiri berupa daftar riwayat hidup yang mencakup data pribadi, latar belakang pendidikanmu, Sesuatu yang kamu capai (prestasi), keahlianmu, pengalaman. dan lain-lain.
Dalam Bahasa latin CV adalah serangkaian perjalanan hidup saya, karena ditujukan untuk melamar kerja. Selain isi CV yang menarik, CV yang kamu buat harus memuat informasi yang dapat menggambarkan pengalaman kerja dan perjalanan pendidikanmu.
Contoh format CV menarik untuk fresh graduate tersimpel dan tersering dipakai oleh teman-teman yang masih fresh graduate adalah:
1. Data diri yang meliputi nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, nomor hp, alamat email.
2. Riwayat pendidikan.
3. Pengalaman kerja bagi yang sudah pernah bekerja, atau bisa di cantumkan pengalaman organisasi, magang yang pernah dilakukan.
4. Keterampilan yang ada di diri kamu.
Format tersebut memanglah penting dan harus ada pada saat membuat CV menarik fresh graduate. dan satu tips membuat CV menarik dan terlihat profesional adalah buatlah CV semenarik mungkin dan hindari kata-kata bertele-tele, usahakan pada dan jelas ya.
Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan cara membuat CV khusus untuk teman-teman pengunjung gedung kerjaku agar CV yang teman-teman buat menjadi lebih menarik dan profesional tentunya. Oke, langsung saja.
Tutorial membuat CV yang menarik:
1. Format CV lamaran kerja yang baik dan benar
Jika kamu minim pengetahuan atau wawasan tentang membuat format CV menarik, kamu bisa mencari referensi di google dengan kata kunci contoh CV lamaran kerja. Di sana nanti kamu akan menemukan ribuan contoh CV lamaran kerja gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.
Selanjutnya, hal pertama yang harus teman-teman lakukan dalam menentukan format CV adalah dengan membayangkan bahwa diri anda sebagai perekrut, HRD, atau seseorang yang akan membaca CV lamaran kerjamu.
"Catatan" perekrut tidak akan mengecheck atau membaca seluruh CV lamaran kerja yang masuk kedalam emailnya atau yang dikirim ke dirinya. Dia hanya akan melihat selama beberapa detik saja, bahkan tidak lebih dari 5 dtk.
Maka dari itu, kamu harus tau cara membuat CV yang baik dan benar. Dan pada intinya CV dibuat untuk menarik perhatian pembaca/hrd/rekrutmen, dan usahakan CV kamu harus terlihat rapi dan bersih. Biasanya perekrut tidak suka dengan CV yang terlalu banyak warna warni dan format tulisan yang nyeleneh.
Berikut ini tips membuat CV lamaran agar menarik pembaca dan bikin betah tentunya:
-Pilih font yang jelas seperti Calibri, Arial, atau Times New Roman.
-Setting margin secara keseluruhan meliputi margin atas-bawah dan kanan kiri agar CV terlihat rapi.
-Sertakan foto yang profesional dan rapi.
2. Menyusun Outline.
Seperti yang saya bahas di atas bahwa membuat CV merupakan penyusunan daftar singkat riwayat hidup. Beberapa hal yang penting saat akan membuat CV dalam bahasa inggris atau bahasa indonesia sebagai berikut:
-Informasi kontak pelamar kerja
-Profil personal
-Riwayat Pendidikan
-Keahlian
-Pengalaman kerja
-Tambahan (pengalaman organisasi, penghargaan, atau yg lainnya)
Susunan tersebut sudah saya sesuaikan dengan saran dari para HRD dan ahli psikologi tentang cara membuat CV. Jika teman-teman ada pendapat lain atau saran tentang penyusunan outline, teman-teman bisa langsung berkomentar di bawah.
Tahapan pembahasan outline CV lamaran kerja:
1. Informasi kontak pelamar kerja
Mulai sekarang kamu bisa langsung membuat CV di word dengan susunan outline yang sudah kita bahas diatas tadi. Lebih baik hal pertama yang kita lakukan adalah dengan mengisi informasi kontak, inilah beberapa poin yang bisa dipasang di bagian informasi kontak:
-Nama lengkap
-Alamat Email
-Nomor telepon
-Alamat rumah.
Susunan ini harus teman-teman diposisikan paling atas. Kenapa? karena biasanya HRD akan mencari informasi kontak pelamar untuk dihubungi. Bayangkan jika kamu lupa menaruh informasi kontak atau informasi kontak kamu taruh dibagian yang susah terlihat, dan kamu tidak jadi dihubungi oleh HRD/perekrut.
Alhasil kamu gagal mendapatkan pekerjaan karena hanya hal sepele. Sungguh sangat disayangkan bukan, maka dari itu informasi kontak adalah hal utama dan yang harus pertama ditulis dalam membuat CV lamaran kerja.
2. Profil Personal
Gambarkan dirimu dalam kata-kata maks 100 kata ya. Memang bagian ini terlihat sulit, tapi bukan berarti mustahil. Teman-teman harus berusaha menyusun kata-kata yang berisikan gambaran diri teman-teman maksimal 100 kaya.
Tips: lihatlah kembali informasi lowongan kerja yang anda peroleh tadi. Lalu, susunlah kata-kata sesuai keterampilan dan pengalaman yang sesuai dengan peran dan tanggung jawab di informasi lowongan kerja yang teman-teman dapatkan tadi.
3. Riwayat Pendidikan
Tuliskan riwayat pendidikan secara lengkap ya teman-teman. Bisa dimulai dari pendidikan dasar hingga kuliah. Cukup dengan mengisikan Nama universitas, gelar, dan tahun kelulusan. Bisa ditambahkan IPK jika IPK teman-teman bagus di atas 3.2.
4. Pengalaman kerja
Jika kamu memiliki pengalaman kerja, teman-teman bisa mencantumkan pengalaman kerja. Isi bagian pengalaman kerja dengan posisi yang kamu tempati, periode, dan capaian-capaian yang kamu raih saat bekerja di perusahaan sebelumnya, contoh:
Karyawan PT. Gedung kerjaku
Posisi: Penulis Artikel
Periode: 2020-2021
Prestasi: Dapat menulis artikel sebanyak target yang ditentukan.
Nah, bagaimana jika saya fresh graduate om? jika teman,teman masih fresh graduate. Teman-teman bisa mencantumkan organisasi apa yang pernah teman-teman ikuti baik di masyarakat atau saat di sekolah/kuliah, sertakan juga posisi apa yang teman-teman jabat saat ikut organisasi tersebut.
5. Keahlian
Di bagian ini teman-teman jangan terlihat sombong ya, cukup tuliskan keahlian yang paling menonjol dari dalam diri teman-teman. Kalau bisa minimal menuliskan 2 keahlian ya, jangan cuman 1.
Cobalah untuk memulai menuliskan keahlian dan sertakan level kemampuanmu ya teman-teman, contoh:
Keahlian:
6. Seksi tambahan
Tahapan terakhir dalam membuat CV lamaran kerja, apakah halaman CV kamu sudah terisi penuk? atau masih ada ruang yang kosong? Jika masih ada ruang kosong teman-teman juga bisa menyantumkan beberapa pelatihan yang sudah teman-teman ikuti, seperti pelatihan menulis, pelatihan bahasa inggris, dan pelatihan-pelatihan lainnya.
Semoga saja artikel saya tentang cara membuat CV ini berguna bagi teman-teman semua, jika teman-teman ada saran tentang cara membuat CV yang baik dan benar, teman-teman bisa mencantumkan di kolom komentar dibawah ini ya. Semoga sukses selalu.
1. Informasi kontak pelamar kerja
Mulai sekarang kamu bisa langsung membuat CV di word dengan susunan outline yang sudah kita bahas diatas tadi. Lebih baik hal pertama yang kita lakukan adalah dengan mengisi informasi kontak, inilah beberapa poin yang bisa dipasang di bagian informasi kontak:
-Nama lengkap
-Alamat Email
-Nomor telepon
-Alamat rumah.
Susunan ini harus teman-teman diposisikan paling atas. Kenapa? karena biasanya HRD akan mencari informasi kontak pelamar untuk dihubungi. Bayangkan jika kamu lupa menaruh informasi kontak atau informasi kontak kamu taruh dibagian yang susah terlihat, dan kamu tidak jadi dihubungi oleh HRD/perekrut.
Alhasil kamu gagal mendapatkan pekerjaan karena hanya hal sepele. Sungguh sangat disayangkan bukan, maka dari itu informasi kontak adalah hal utama dan yang harus pertama ditulis dalam membuat CV lamaran kerja.
2. Profil Personal
Gambarkan dirimu dalam kata-kata maks 100 kata ya. Memang bagian ini terlihat sulit, tapi bukan berarti mustahil. Teman-teman harus berusaha menyusun kata-kata yang berisikan gambaran diri teman-teman maksimal 100 kaya.
Tips: lihatlah kembali informasi lowongan kerja yang anda peroleh tadi. Lalu, susunlah kata-kata sesuai keterampilan dan pengalaman yang sesuai dengan peran dan tanggung jawab di informasi lowongan kerja yang teman-teman dapatkan tadi.
3. Riwayat Pendidikan
Tuliskan riwayat pendidikan secara lengkap ya teman-teman. Bisa dimulai dari pendidikan dasar hingga kuliah. Cukup dengan mengisikan Nama universitas, gelar, dan tahun kelulusan. Bisa ditambahkan IPK jika IPK teman-teman bagus di atas 3.2.
4. Pengalaman kerja
Jika kamu memiliki pengalaman kerja, teman-teman bisa mencantumkan pengalaman kerja. Isi bagian pengalaman kerja dengan posisi yang kamu tempati, periode, dan capaian-capaian yang kamu raih saat bekerja di perusahaan sebelumnya, contoh:
Karyawan PT. Gedung kerjaku
Posisi: Penulis Artikel
Periode: 2020-2021
Prestasi: Dapat menulis artikel sebanyak target yang ditentukan.
Nah, bagaimana jika saya fresh graduate om? jika teman,teman masih fresh graduate. Teman-teman bisa mencantumkan organisasi apa yang pernah teman-teman ikuti baik di masyarakat atau saat di sekolah/kuliah, sertakan juga posisi apa yang teman-teman jabat saat ikut organisasi tersebut.
5. Keahlian
Di bagian ini teman-teman jangan terlihat sombong ya, cukup tuliskan keahlian yang paling menonjol dari dalam diri teman-teman. Kalau bisa minimal menuliskan 2 keahlian ya, jangan cuman 1.
Cobalah untuk memulai menuliskan keahlian dan sertakan level kemampuanmu ya teman-teman, contoh:
Keahlian:
- Perawat (Hard Skill)
- Marketing (Medium Skill)
- Penulis Artikel (Soft Skill)
6. Seksi tambahan
Tahapan terakhir dalam membuat CV lamaran kerja, apakah halaman CV kamu sudah terisi penuk? atau masih ada ruang yang kosong? Jika masih ada ruang kosong teman-teman juga bisa menyantumkan beberapa pelatihan yang sudah teman-teman ikuti, seperti pelatihan menulis, pelatihan bahasa inggris, dan pelatihan-pelatihan lainnya.
Semoga saja artikel saya tentang cara membuat CV ini berguna bagi teman-teman semua, jika teman-teman ada saran tentang cara membuat CV yang baik dan benar, teman-teman bisa mencantumkan di kolom komentar dibawah ini ya. Semoga sukses selalu.
Posting Komentar untuk "Cara Membuat CV Menarik Untuk Melamar Kerja"