infiniteScrollNav : false, bacaJuga : true,
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Negosiasi Gaji Sukses Dengan Hrd Saat Interview

Tips Negosiasi Gaji Dengan Hrd Saat Interview

Bagi teman-teman yang fresh graduate jangan takut untuk menegosiasikan gaji ya, jika teman-teman memiliki keinginan gaji dan mengetahui rate gaje di posisi tersebut maka teman-teman bisa menegosiasikan gaji dengan hrd.

Perlu teman-teman ketahui sebelum menegosiasikan gaji lebih baik teman-teman melakukan riset terlebih dahulu, berapa rata-rata gaji diposisi tersebut, dan berapa gaji yang diberikan perusahaan tersebut. Semua informasi tersebut bisa teman-teman dapatkan di gedung kerjaku atau di mbah google.

Menaikkan gaji tidak hanya asal ngomong, aku ada tips-tipsnya biar negosiasi gaji menjadi lebih lancar dan sukses. Tanpa teman-teman megetahui tips tersebut saya khawatirkan teman-teman akan didiskualifikasi atau tidak di panggil di perusahaan tersebut. 

Untuk tips negosiasi gaji kalian bisa simak penjelasan saya dibawah ini agar tidak bingung dan mati langkah ya

1. Masuk Akal.

Jika teman-teman memiliki ketrampilan yang baik dan mumpuni maka harga keterampilan teman-teman akan berbeda beda di setiap tempatnya, contoh rata-rata gaji di semarang, jakarta, bandung, solo, surabaya pasti akan berbeda dikarenakan biaya hidup di kota-kota tersebut berbeda-beda, kalo hidup di solo pasti ya murah sob, beda lagi kalo di jakarta pasti biaya hidupnya akan lebih mahal.

Kemudian nilai lah atau lakukan riset seberapa kuat atau mampunya perusahaan dalam memberikan gaji. Jangan meminta gaji yang tinggi diperusahaan startup atau umkm, sudah secara otomatis jika teman-teman meminta gaji yang tinggi bakalan di tolak.

Perlu menjadi catatan, setiap langkah negosiasi usahakan pikirkan plus minusnya juga bagi perusahaan.

2. Buktikan kalau anda itu layak.

Meskipun sudah ada umr gaji yang ditetapkan oleh pemerintah dan perusahaan. Terkadang teman-teman perlu juga menunjukkan sisi postif yang ada dalam diri teman-teman bahwa teman-teman itu mampu dan layak. Teman-teman bisa memamerkan sisi positif yang ada pada diri teman-teman untuk menegosiasikan gaji, jika perlu teman-teman juga bisa menyinggu prestasi-prestasi yang teman-teman capai di bidang pendidikan atau di perusahaan sebelumnya.

3. Balik bertanya.

Bertanyaalah kepada hrd atau pewancara kenapa perusahaan memberikan gaji yang dia tawarkan. Biasanya perusahaan akan memberikan gaji pokok yang lebih rendah tetapi kesempatan untuk memperoleh komisi jauh lebih tinggi bahkan tak terbatas.

Teman-teman perlu tahu detail gaji yang diberikan perusahaan, jangan langsung berkomentar atau berfikiran gaji diperusahaan tersebut sangat rendah atau tidak sesuai. Biasanya perusahaa akan memberikan komisi dan tunjangan yang lebih besar itu lebih baik untuk pegawainya. 

Dan perlu teman-teman pahami, disetiap perusahaan pasti punya kemampuan financial yang berbeda-beda, maka dari itu menanyakan detail adalah solusi terbaik sebelum menilai perusahaan tersebut buruk dalam hal pemberian gaji.

4. Tetap tenang, tetap kuasai selama negosiasi.

Tunjukkan ekspresi yang tenang dan satai selama negosiasi berlangsung, jelaskan sisi positif yang ada dalam diri teman-teman, jangan membuat onar atau memberikan komentar negatif tentang perusahaan agar hrd tetap tertarik dengan teman-teman.


Nah, itulah teman-teman tips bagaimana cara agar sukses saat negosiasi gaji dengan hrd. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa komentar dan share ke teman-teman lainnya ya dab jika didalam artikel ini terdapat kesalahan atau hal yang tidak perlu saya sampaikan teman-teman bisa memberitahu saya lewat komentar atau hubungi saya lewat telegram t.me/gedungkerjaku.

Posting Komentar untuk "Tips Negosiasi Gaji Sukses Dengan Hrd Saat Interview"