Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Interview Secara Online Agar Terlihat Profesional

Tips Interview Secara Online Agar Terlihat Profesional

Pada saat pandemi seperti ini banyak orang yang mengambil langkah hati-hati saat mau bertemu dengan orang asing. Tidak lain juga, perusahaan juga menerapkan seperti itu untuk memutus tali rantai penyebaran wabah virus Covid-19, salah satunya adalah mengadakan recruitment secara online dari pengiriman surat lamaran & CV sampai proses interview.

Tidak dapat dipungkiri lagi sekarang teknologi sudah berkembang, berbagai fitur untuk mempermudah hidup manusiapun berlomba-lomba di pamerkan, sebagai contoh aplikasi Video call seperti Zoom, Google Meet, dan WhatsApp video call. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak hanya digunakan secara pribadi, perusahaan-perusahaanpun juga ikut memakai fitur aplikasi tersebut untuk keperluaan perusahaan, salah satunya yaitu untuk proses interview.

Proses interview secara online memang sangat simple, namun janganlah kalian menyepelekan interview secara online atau virtual ya. Hrd pun sekarang juga tidak ketinggalan zaman, mereka akan memperlajari sistem serta akan mengamati seluk beluk kalian saat proses interview.

Proses interview secara online juga bisa membuatmu tidak lolos atau tidak diterima diperusahaan tersebut karena kesalahan kamu, hrd tidak akan mau tau apa masalahmu disana, yang di inginkan hrd adalah interview berjalan lancar, jelas, dan tanpa ganguan apapun.

Nah, agar proses interviemu berjalan dengan lancar dan tetap terlihat profesional, teman-teman bisa menerapkan tips dari saya ini, yaitu tips melakukan interview secara online saat pendemi. Oke langsung saja simak ulasan saya dibawah ini ya.

1. Pastikan koneksi internet stabil.

Hal pertama dan paling krusial adalah koneksi internet, jika koneksi internet teman-teman tidak lancar atau lemot, otomatis akan menganggu proses interview. Maka dari itu pastikan koneksi internet teman-teman lancar, jika belum lancar maka carilah posisi yang lancar atau gunakan profider yang dapat memberikan layanan internet yang lancar.

2. Posisikan Laptop atau gadget.

Posisikan laptop atau handphone kamu secara lazim dan benar ya, jangan sampai teman-teman salah menaruh laptop atau hp dengan menaruhnya secara terbalik. Jika teman-teman melakukan kesalahan tersebut aku yakin proses interview hanyalan omong kosong dan teman-teman tidak akan memiliki kesempatan untuk diterima diperusahaan tersebut. 

3. Pakai Pakaian atau outfit yang sopan dan rapi.

Walaupun interview dilakukan secara virtual atau online, kamu juga harus terus menjunjung tinggi yang namannya profesional. Kenakanlah pakaian yang sopan dan rapi jangan sampai teman-teman menyepelekan ini ya.

4. Posisi yang nyaman dan terdapat cahaya.

Sebelum melaksanakan interview maka aturlah posisimu senyaman mungkin dan aturlah pencahayaan disana, jangan sampai teman-teman interview sambil rebahan dan berada diruangan yang pencahayaannya remang-remang.

Jika teman-teman tidak suka yang terang atau lokasi tidak ada cahaya yang terang, teman-teman bisa menggunakan flash atau membeli lampu baru yang terang agar proses interview berjalan dengan nyaman dan enak.

5. Siapkan Earphone atau Headset.

Pakailah headset atau earphone agar suara teman-teman yang terkirim ke hrd bisa terdengar jelas dan jernih, jika teman-teman tidak memakai earphone atau headset aku yakin suara teman-teman akan terdengar pecah dan sangat tidak enak di dengar, kalau ngga percaya coba aja deh tlp dengan menggunakan earphone dan tanpa earphone pasti kualitas suara akan berbeda.


Nah itulah teman-teman tips melakukan wawancara secara online, jika tips tersebut bermanfaat jangan lupa komentar dibawah dan jangan lupa juga share ke teman-teman kalian. Jika didalam artikel ini terdapat kesalahan atau hal yang tidak harus saya sampaikan, teman-teman bisa memberitahu saya lewat komentar atau bisa hubungi saya lewat telegram t.me/gedungkerjaku.

Posting Komentar untuk "Tips Interview Secara Online Agar Terlihat Profesional"