infiniteScrollNav : false, bacaJuga : true,
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skill Yang Harus Kalian Tingkatkan Agar Sukses Saat Interview 100% Terbukti

Skill Yang Harus Kalian Tingkatkan Agar Sukses Saat Interview 100% Terbukti

Kenapa harus meningkatkan skill menghadapi interview? Bukankah hanya tinggal ngomong dan jawab pertanyaan dari hrd atau pewancara. Memang benar, interview atau wawancara memang cuman modal ngomong/bicara. Tapi, ketika anda di saat interview apa cuman bicara seadaanya, sedikit bicara, dan hanya menjawab seadanya ketika ditanyai oleh pewancara?.

Hal di atas tidak ingin saya lihat ada di bagain pikiran teman-teman, interview itu sangat krusial dan membutuhkan skill-skill agar dapat di terima dan cepat bekerja. Saat interview bukan hanya kalian aja yang di interview oleh hrd, mungkin pada hari sebelumnya ada banyak kandidat yang ia wawancarai, mungkin besok hrd ada jadwal lagi mewancarai seseorang yang melamar diperusahaan yang sama dan posisi yang sama. Dengan begitu apakah teman-teman yakin dengan kemampuan teman-teman saat menghadapi interview?

Di dunia ini yang butuh pekerjaan bukan hanya kalian aja, banyak orang yang menginginkan pekerjaan. hanya seribu satu orang yang di interview tanpa ada persaingan dari intervie lain. Bayangkan persaingan ketat, kandidat banyak sekali, dan apakah teman-teman tau apa yang mereka siapkan sebelum datang ke jadwal interview?. Pasti jawabannya tidak tahu kan, nah makadari itu meningkatkan skill interview sangatlah penting dan berguna.

Lalu, Apa saja yang harus di tingkatkan? Baik lah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tips agar skill interview teman-teman meningkat dan menjadi kandidat yang berbobot. Langsung saja simak artikal saya ini sampai bawah ya.


1. Lakukan riset tentang perusahaan tersebut.

Dengan melakukan riset pada perusahaan tersebut teman-teman akan mendapatkan ilmu yang bisa digunakan untuk bahan perbincangan saat interview dan teman-teman bisa tahu:
  • Apa perusahaan tersebut?
  • Layanan apa yang perusahaan tawarkan?
  • Misi dan visi perusahaan
  • Kelebihan dan kekurangan perusahaan tersebut
  • Mengetahui berita terkini
  • Masalah-masalah perusahaan yang kerap muncul
  • Review peruahaan terebut, meliputi review staff, atasan, tempat kerja, dan lain-lain
Gunakan waktu luang teman-teman untuk mempelajari dan mendapatkan informasi itu semua. Teman-teman bisa mendapatkan informasi tersbut melalui Website-nya, Sosial media-nya, dan Mbah Google. Jika teman-teman melakukan hal di atas, aku yakin teman-teman bisa menjadi kandidat yang berbobot.

2. Terapkan dan latih sopan santun.

Siapa sih yang ngga suka kepada seseorang yang tingkah laku dan pakaiannya sopan dan santu. Pastinya banyak orang yang suka ya, tidak hanya pacar dan orang tua saja yang menyukai sifat dan perilaku sopan santun. Pewancara atau hrd pun juga menyukai orang-orang yang memiliki sifat sopan dan santun.

Sopan santu bisa dimulai dari cara berpakain, kemudian tindakan, dan gaya bicara. Jangan datang ke tempat interview dengan model kek brandalan ya atau kek mau pergi kewarung. Pakailah pakaian yang rapi, siapkan pena dan pensil, siapkan curriculum vintae atau resummu, siapkan surat lamaran kerja, dan buku catatan. Siapkan minimal H-1 jadwal interview ya, biar ngga keburu-buru nanti.

Datanglah ke tempat interview 30 menit lebih awal dari jadwal yang diberitahukan. Dengan datang lebih awal teman-teman akan terlihat profesional dan bisa mempersiapkan diri dan menenangkan diri tentunya. 

3. Gaya bahasa tubuh.

Hrd adalah orang yang sangat teliti dan akan mengamatimu dari awal masuk ruangan dan keluar ruangan. Hal yang paling sering diamati oleh hrd adalah gaya bahasa tubuh, biasanya hrd akan mengamati gaya bahasa tubuhmu dari saat mulai perkenalan hingga akhir wawancara.

Oleh karena itu, hindari melakukan pergerakan-pergerakan non verbal tanpa kontrol saat interview. Contohnya:
  • Tidak melakukan kontak mata, sering menunduk atau tidak menatap lawan bicara.
  • Pelit senyum.
  • Tidak bersemangat, terlihat letoy, dan terlihat ngantuk.
  • Terlalu sering dan bahkan berulang-ulang menyentuh wajah, menutup mulut, dan menyentuh rambut.
  • Gelisah dan tremor yang berlebihan.
  • Duduk seperi bos dengan tangan disilangkan didada, posisikan tangan diatas meja dengan baik dan benar ya.
  • Jabat tangan hrd dengan lemah, jabatlah tangan hrd dengan kuat, tapi jangan terlalu kuat.
  • Minimalkan pergerakan tangan.
4. Komunikastif.

Bagimana mencara menjadi orang yang komunikatif saat sedang interview? Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan melontarkan pertanyaan balik kepada hrd tentang perusahaan tersebut. Makdari itu poin no 1 diatas sangat penting dipelajari agar teman-teman lebih pro dan komunikatif saat interview. 

Lebih baik lagi sebelum interview berlangsung, teman-teman telah menyiapkan beberapa pertanyaa. Siapkan pertanyaan paling tidak 3-5 pertanyaan, Entah itu pertanyaa seputar perusahaan, entah itu pertanyaan kapan hasil kelulusan akan di umumkan, dan pertanyaan-pertanyaa lain.


Nah, itulah teman-teman bagaimana agar skill kalian meningkat saat interview. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa like, share dan komentar dibawah ya, dan jika ada kesalahan atau hal yang seharunya tidak saya sampaikan mohon beritahu saya lewat komentar diawah dan bisa hubungi saya lewat telegram t.me/gedungkerjaku.

Posting Komentar untuk "Skill Yang Harus Kalian Tingkatkan Agar Sukses Saat Interview 100% Terbukti"