infiniteScrollNav : false, bacaJuga : true,
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh HRD saat interview, begini lho jawabnya!

Pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh HRD saat interview, begini lho jawabnya!

Saat anda melamar pekerjaan dimanapun dan kapanpun pasti tidak akan luput dari yang namanya interview, interview atau wawancara dilakukan ketika kamu mendapatkan panggilan dari sebuah perusahaan atau tempat kerja yang sebelumnya kamu lamar. 

Apakah kamu pernah bertanya-tanya pertanyaan apa saja yang dilayangkan saat interview? dan jawaban seperti apa yang paling tepat saat menjawab pertanyaan HRD?

Nah, berhubung banyak teman-teman yang bingung, gelisah, tidak bisa tidur saat keesokan harinya akan melaksanakan interview, maka admin gedung kerjaku berinisiatif untuk meluncurkan sebuah artikel bagaimana menyiapkan diri saat mau interview?. 

Jika kamu memperoleh panggilan interview dari suatu perusahaan, maka hal pertama yang harus teman-teman lakukan adalah menyiapkan diri. Menyiapkan diri salah satunya yaitu dengan melatih diri pertanyaan-pertanyaan HRD dan sikap ketika proses interview.

Hal di atas akan sangat membantumu ketika proses interview agar tidak gugup dan melakukan hal bodoh.

Kenapa melakukan persiapan? karena pada dasarnya setiap HRD memiliki pertanyaan-pertanyaan umum yang sering dipertanyakan saat proses interview.

Agar teman-teman tidak bingung dan akhrinya menjadi gugup dan buyar saat interview, maka admin gedung kerjaku merangkum 10 pertnayaan yang sering dipertanyaakan oleh HRD.


1. Ceritakan tentang dirimu atau Siapa Kamu.

Berdasarkan pengalaman mimin dan riset dari inc.com, pertanyaan tersebut sangat lazim dipertanyaakan saat interview, termasuk oleh para HRD.

Pertanyaan ini biasanya akan dipertanyaakan diawal interview, memang ini adalah pertanyaan yang terlihat sederhana dan tidak begitu berbobot, namun pertanyaan ini sangat penting dan butuh latihan saat menjawab.

Karena dari jawabanmu HRD akan menganalisa karakter, pola pikir, dan kepribadianmu.

Agar tidak terjadi miss atau kesalahan saat menyampaikan jawaban, maka usahakan tetap rileks, dan mulailah dengan kata salam.

Kemudian, jawablah pertanyaan dengan jelas, singkat, padat, dan tegas. Jangan lupa sertakan pencapaian terbaik dalam hidupmu, dalam hal pekerjaan atau bidang pendidikan ya. 

Ceritakan juga pencapaianmu di dalam perusahaan sebelumnya, jika kamu freshgraduate maka ceritakan keseharianmu atau pengalaman organaisasimu.


2.  Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?

Pertanyaan ini, sangat butuh sekali sebuah persiapan, karena kamu di haruskan menjawab atau menjelaskan tentang perusahaan ini.

Bagimana mengatasi ini? kamu bisa mendapatkan informasi tentang perusahaan tersebut di mensin pecari Google atau situs resmi perusahaannya.

Jangan menghafal semua ya, cukup tangkap hal-hal penting tentang perusahaan tersebut, contoh Visi & Misi perusahaan, perusahaan tentang apa, dan kalo bisa sejarah perusahaan.

Pastikan saat menjawab tidak ada loading (berfikir dahulu), cukup jawab setaunya dan senatural mungkin, pastikan jaga pandanganmu. 

Jawabanmu akan memberikan kesan bahwa kamu siap untuk bekerja di perushaan tersebut dan tidak hanya mengfahal jawaban.


3. Apakah kelebihan yang kamu miliki?

Pertanyaan ini merupakan sebuah pertanyaan yang sering membuat bingung saat akan menjawabnya. Banyak orang yang saya temui saat melamar pekerjaan, mereka kebanyakan mengatakan kesulitan saat akan menjelaskan apa kelebihan yang ada didalam dirinya.

Saat mendapatkan sebuah pertanyaan seperti ini, usahakan jawab dengan tenang, dan tetap rendah hati.

Berikan jawaban yang spesifik, jelas, dan berkaitan dengan posisi yang sedang kamu lamar saat ini. Tunjukan kelebihanmu tanpa adanya dusta ya, jangan sekali-kali berbohong saat menjawab pertanyaan.


4. Apakah kekurangan yang kamu miliki?

Pertanyaan ini juga sering sekali di lontarkan oleh HRD, dan biasanya akan membuat gundah dan gelisah saat akan menjawab pertanyaan tersebut.

Usahakan jawab dengan jujur dan kasih embel-embel bahawa kamu sedang ingin memperbiki kekurangan tersebut.

Jangan pernah sekali-kali menjawab, aku tidak memiliki kekurangan. Itu akan terkesan arogan.


5. Apa yang membuatmu tertarik melamar pekerjaan di perusahaan ini?

Pertanyaan ini biasanya diajukan oleh HRD karena HRD ingin tahu apa motifasi kamu melamar pekerjaan di perushaan ini. 

Hindari menjawab yang berkaitan dengan gaji yang diberikan, suasana kerjaan yang nyaman,  atau menceritakan kekurangan perusahaan tersebut dan menawarkan solusinya.

Jawaban itu akan membuat HRD ragu dan tidak tertarik lagi dengan teman-teman, karena teman-teman akan dianggap tidak loyal terhadap perusahaan. 

Saya sarankan menjawab dengan jawaban kecocokan dengan jenis bisnis perusahaan tersebut, menyukai latar belakang perusahaan, dan visi misi perusahaan tersebut. Atau sesuai dengan posisi yang kamu tinggalkan di perusahaan lain.


6. Kenapa anda tertarik melamar di posisi ini?

Ini pertanyaan yang pasti ada dan pasti terjadi saat interview. Biasanya ini tidak terlalu bermasalah pada teman-teman yang sudah memiliki pengalaman di posisi yang sama sebelumnya.

Tapi ini akan menjadi masalah bagi teman-teman yang masih freshgraduate atau baru saja lulus kuliah atau pendidikan.

Jika memang tidak memiliki pengalaman di posisi tersebut, usahakan lakukan riset terlebuh dahulu. Pahami seluk-beluk uraian pekerjaan dan carialah hubungan dengan pendidikan terakhirmu atau riwayat pendidikanmu.


7. Apa yang bisa kamu berikan untuk perusahaan ini?

Jika kamu memiliki pengalaman kerja, maka jawablah pertanyaan ini dengan keahlian atau pengalaman kerjamu.

Tapi, jika teman-teman adalah seorang yang fresh graduate atau baru lulus sekolah. Maka jawablah dengan dengan jujur, dan tonjolkan kegiatan positif keseharianmu. Selain itu, katakan bahwa kamu siap belajar dari awal jika diterima di perusahaan ini.


8. Apa rencanamu 5 tahun kedepan?

Jika kamu melamar di perushaan besar, maka pertanyaa seperti ini pasti akan anda temui. Sebaiknya jawab dengan jujur tentang rencana teman-teman 5 tahun kedepan. 

Jika 5 tahun kedepan teman-teman ada rencana mau nikah, memiliki anak, atau membangun rumah/kredit rumah, sebaiknya jelaskan secara langsung. Hal ini kadang-kadang mempengaruhi penerimaan karyawan di sebuah perusahaan tersebut.

Pertanyaa tentang pernikahan biasanya juga di ajukan oleh HRD, karena terkadang ada perusahaan yang tidak menginginkan karyawanya untuk menikah dalam kurun waktu 6 bulan kedepan setelah diterima bekerja.


9. Kenapa kamu resign atau keluar dari perusahaan sebelumnya?

Bagi teman-teman yang memiliki pengalaman kerja, pasti akan ditanyakan oleh hrd. Jawablah seadaanya tapi jangan menjawab karena diperusahaan sebelumnya tertadap kekurangan atau hal yang tidak kamu sukai dan memiliki sebuah masalah pribadi  dengan perusahaan sebelumnya.

Namun, jawablah secara logis, bahwa kamu ingin meningkatkan kemampuan di perusahaan ini atau ungkapkan hal-hal yang membuat kamu tertarik dengan perusahaan ini daripada perusahaan sebelumnya.


10. Berapa gaji yang kamu inginkan?

Pertanyaan Super duper bikin bingung ya teman-teman, pasalnya siapa sih yang ngga mau gaji gede, dan siapa juga yang mau di gaji rendah, hahaha.

Pertanyaan yang paling membuat panik, gudah, dan gelisah. 

Tapi teman-teman sekarang tidak perlu panik, karena saya ada tips untuk menjawab pertanyaan seperti itu. 

Sebelum menjawab pertanyaan, usahakan cari tahu rentang gaji posisi yang kamu lamar.

Nah, jika kamu memiliki keahlian lain, kamu bisa mengungkapkan langsung, karena bisanya akan mendongkrak perhitungan gaji yang akan di sodorkan oleh hrd.

Pastikan juga bahwa kamu ingin bernegosiasi terhadap gaji kamu. Sampaikan pengalaman kerja dan prestasi yang pernah kamu raih di perusahaan sebelumnya. Hal itu, akan di jadikan juga bahan pertimbangan gaji yang akan diberikan kepadamu.


Jangan lupa, bertanya apapun itu, entah deskripsi pekerjaan, lama jam kerja atau lainnya ke hrd. karena hal itu akan membuktikan bahwa kamu benar-benar antusian terhadap interview yang dilaksanakan.

Nah, seperti itulah kisi-kisi menjawab pertanyaan saat interview. Jika ini membantu dan bermanfaat untuk teman-teman semuannya jangan lupa share dan komen di bawah ya:)

Semangat bekerja ya guys, jangan menjadi beban keluarga hehehe. dan yang sudah bekerja tolong di pertimbangkan jika mau out, soalnya musim pandemi Covid-19 banyak yang di PHK dan banyak orang yang lelah mencari pekerjaan. Lebih baik lelah bekerja daripada lelah mencari pekerjaan. Good Luck!

Report ke admin jika agan menemukan kejanggalan.

1. Bisa komen di bawah
2. Hubungi admin Via telegram: @gedungkerjaku_id atau Gedungkerjaku

Pantau Lowongan kerja, dan info loker lainya lainnya melalui Social media kami:
1. Facebook Gedung Loker: Gedung Loker 
                                              Gedung Loker Fanspage
2. Twitter Gedung Loker: Twitter
3. Pinterest Gedung Loker: Gedung Loker
4. Instagram Gedung Loker: Mou_Met
5. Telegram Group Loker: Gedungkerjaku

Posting Komentar untuk "Pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh HRD saat interview, begini lho jawabnya!"