Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Hal Sepele Yang Bisa Mebuatmu Gagal Dalam Interview

Inilah Hal Sepele Yang Bisa Mebuatmu Gagal Dalam Interview

Apakah teman-teman pernah berfikir tentang hal-hal sepele yang bisa membuat interview gagal?
Bermodalkan surat lamaran yang rapi dan bagus, dan Cv yang sangat indah dan mempesona, serta pengalaman ada dimana-mana, belum tentu bisa untuk dijadikan jaminan diterima diperusahaan yang sedang teman-teman lamar.

Proses demi proses recruitmen pasti akan ada yang namanya penilaian, terutama penilaian paling banyak dan paling dalam adalah pada saat interview. Kesalahan-kesalahan kecil bisa membuatmu menjadi kandidat yang di tolak, dan otomatis impian untuk bergabung dengan perusahaan impianmu gagal.

Kegagalan intervie tidak serta-merta karena hal yang besar, terkadang hrd sangat sensitif, sehingga hal-hal kecilpun bisa membuatmu terdiskualifikasi dari pertempuran kandidat karyawan diperusahaan tersebut. Lantas apa saja hal sepele yang membuat interview gagal? Simak ulasan saya dibawah ini ya.

1. Gagap.

Jika anda adalah fresh graduate atau seorang yang tidak memiliki kelebihan dalam publik speaking pastinya ngrasain apa yang namanya grogi, dan grogi tersebut bisa membuatmu menjadi gagap. Gagap akan di agap wajar oleh hrd jika teman-teman masih fresh fraduate, tapi jika gagap teman-teman udah parah, maka hanya keajaiban Tuhan lah yang bisa menolong teman-teman agar keterima diperusahaan tersebut.

2. Nyeletuk seenaknya atau Guyon.

Niat sih bagus ingin mencairkan suasana tapi kalo komentar teman-teman tidak pada tempatnya akan membuat hrd menjadi risi dan sensi. Maka dari itu jika teman-teman tidak yakin akan komentar yang akan teman-teman ucapkan lebih baik simpan saja, dan jawab sesuai apa yang hrd tanyakan.

3. Terlalu percaya diri.

Percaya diri memanglah bagus dan merupakan modal penting untuk melakukan test interview. Tapi, Jangan terlalu berlebihan dalam hal kepercayaan diri dan berlebih-lebihan dalam membagakan diri sendiri. Siapa sih ngga risih dengan kesombongan? pasti temen-temen juga sensi kan kalo liat orang sombong, terlebih lagi itu adalah orang asing.

4. Adanya serpihan cabe di gigimu.

Hal sepele yang bisa menjadi faktor pencetus gagalnya interview atau tidak lolosnya interview adalah adanya potongan cabe yang nyangkut di gigi. Memang hal sepele sih tapi ingat kerapian merupakan hal paling utama. 

Kok kebangetan sih? cuman kek gitu aja bisa bikin gagal.
Bayangin deh, posisi yang kamu lamar adalah customer service, sekertaris, admin, dan posisi-posisi lain yang memungkinkan kamu bertemu dengan banyak orang, dan pas kamu melayani clien gigimu terdapat cabai atau dedaunan sayur yang nyangkut, Apakah tidak membuat risih? Pastinya membuat rish bukan. Nah makanya kerapian itu penting teman-teman.

5. Menjawab seadanya.

Terkadang proses recruitmen pada saat intervie membutuhkan yang nama cekatan dalam hal berbicara dan berfikir. Sekali otakmu nge-lag otomatis akan membuat gagap dan buyar, sehingga kamu akan jawab seadanya. 

Hindari jawab iya , dan tidak tahu doang. Itu jawaban seadaanya dan terkesan meremehkan pertanyaan hrd. Susunlah beberapa kalimat jika kamu mau menjawab iya atau tidak, sehingga kamu terlihat sangat profesional dan enak diajak berbicara.


Nah, itu aja sih hal-hal bikin kamu tersingkir saat proses interview. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa like, share, dan komen ya teman-teman. Dan, jika di dalam artikel ini ada kesalahan tolong beritahu saya lewat komentar dibawah atau bisa hubungi saya lewat telegram t.me/gedungkerjaku.

Posting Komentar untuk "Inilah Hal Sepele Yang Bisa Mebuatmu Gagal Dalam Interview"