infiniteScrollNav : false, bacaJuga : true,
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana menjawab pertanyaan "Kenapa anda resign dari pekerjaan sebelumnya?" dari HRD

Bagaimana menjawab pertanyaan "Kenapa anda resign dari pekerjaan sebelumnya?" dari HRD

Pada saat teman-teman lolos tahap kualifikasi pertama, biasanya teman-teman akan di haruskan untuk mengikuti test wawancara dengan hrd di perusahaan yang teman-teman lamar. Hrd akan menyai kamu banyak hal, termasuk pertanyaan kenapa anda keluar dari pekerjaan sebelumnya?

Tahukah teman-teman, bahwa hrd itu memiliki terkadang mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang menjebak. Pertanyaan di atas bisa menjadi ladang ranjau bagi teman-teman jika teman-teman salah jawab. Teman-teman harus menyemimbangkan jawaban teman-teman antara tidak menjelek-jelekkan perusahaan sebelumnya dan alasan nyata kenapa keluar dari pekerjaan sebelumnya.

Saat teman-teman sedang di interview, teman-teman harus siap dengan pertanyaan tentang mengapa anda meninggalkan pekerjaan anda sebelumnya.

Jawablah dengan terbuka dan jelaskan bahwa teman-teman memiliki kelebihan di posisi yang baru. Hindari menjawab dengan memaparkan keburukan perusahaan sebelumnya. Contoh, Bos saya sangat galak, dan sering mengadu dompa antara pegawai lainnya.

Meskipun demikian, teman-teman jangan sampai menjawab seperti itu. Karena apa? siapa tau Hrd yang mewancarai teman-teman adalah temannya bos kalian sebelumnya.

Tetap jaga imej baik teman-teman, dengan tidak menjawab dengan hal-hal yang negatif. Bersikap netral dan berikan alasan-alasan lain yang lebih aman dan tepat.

Berikut ini adalah alasan yang tepat ketika di beri pertanyaan kenapa keluar dari perusahaan sebelumnya?

1. Di perusahaan sebelumnya, sudah tidak ada lagi tentangan yang membuat saya lebih bergairah untuk bekerja, semua sudah terkendali dan bisa ditangani dengan tepat dan cepat. Jadi, saya membutuhkan pengalaman dan tantangan baru supaya saya bisa menaikan skill dan teknik saya di perusahaan ini.

2. Saya sedang mencari sebuah tantangan yang lebih besar untuk meningkatkan karir saya, dan di perusahaan sebelumnya saya tidak mendapatkan itu.

3. Saya dan keluarga saya kebetulan pindah rumah atau kontrakan, sehingga memaksa saya untuk mencari pekerjaan baru yang dekat dengan rumah atau kontrakan saya.

4. Perusahaan sebelumnya mengalami masalah financial sehingga saya diberhentikan atau di PHK.


Nah itulah alasan-alasan jitu untuk menjawab pertanyaan hrd tentang kenapa keluar dari posisi sebelumnya. 

Setelah menjawab pertanyaan, langsung sambung percakapan dengan menjelaskan pencapaian-pencapain atau prestasi teman-teman di perusahaan sebelumnya. Jika teman-teman belum memiliki prestasi di perusahaan sebelumnya, maka jelaskan hal positif pada diri teman-teman dan kaitkan dengan posisi yang teman-teman lamar.

Posting Komentar untuk "Bagaimana menjawab pertanyaan "Kenapa anda resign dari pekerjaan sebelumnya?" dari HRD"